JawaPos Radar

KEMBALI KE FITRAH

Kali Ini Johan Budi Lebaran Tak Lagi Sesibuk Kala Jadi Jubir KPK

25/06/2017, 11:05 WIB | Editor: Ilham Safutra
Kali Ini Johan Budi Lebaran Tak Lagi Sesibuk Kala Jadi Jubir KPK
Jubir Presiden Jokowi, Johan Budi (Putri Annisa/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ibu. Itulah kata pertama yang diingat Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi (Juru Bicara Presiden Joko Widodo), Johan Budi SP menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada lebaran kali ini, Johan memastikan bakal melewati dengan pulang kampung halaman ke Mojokerto, Jawa Timur. Tentunya momentum yang dimanfaatkan adalah untuk sungkem kepada ibunda tercinta.

"Lebaran adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga. Momen dimana, biasanya, saya gunakan untuk sungkem ibu saya di kampung," kata Johan kepada JawaPos.com.

Kali Ini Johan Budi Lebaran Tak Lagi Sesibuk Kala Jadi Jubir KPK
Jubir Presiden Jokowi, Johan Budi (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

Johan mengatakan, biasanya sehari atau dua hari menjelang lebaran dia dan keluarga akan pulang kampung. Begitupun dengan lebaran tahun ini.

Mantan juru bicara KPK itu lantas kembali mengingat masa-masa dirinya masih sibuk di lembaga antirasuah. Menurut Johan, seringkali karena tugas dan pekerjaan, dia tidak bisa lebaran di rumah. Artinya, tidak bisa sungkem dengan ibu di kampung halaman.

"Rasanya ada sesuatu yang hilang, ada kehampaan mendalam lalu muncul rasa sedih," kenang mantan pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK itu.

Johan lantas mengingat beberapa kali tidak lebaran di kampung karena pekerjaan yang sulit ditinggalkan. Misalnya, karena tugas ke luar negeri. Kemudian pernah juga terpaksa tak bisa mudik di KPK ada kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) tepat tiga hari jelang lebaran.

Sebagai jubir yang baik, pria yang akrab disapa JBSP itu harus menjelaskan perihal OTT kepada media untuk disuguhkan sebagai berita kepada publik.

"Padahal saya sudah membeli tiket jauh-jauh hari untuk pulang kampung. Yang saya lakukan adalah berkomunikasi dengan Ibu dan kerabat di kampung halaman melalui telepon," papar Johan.

Menurut Johan, makna lebaran tidak berubah meski kini dirinya tak lagi di KPK. Dia pun mensyukuri lebaran keduanya sebagai jubir presiden. Meski harus siap siaga mengikuti kegiatan presiden, Johan justru mengaku relatif lebih tidak sibuk dibanding dengan bekerja di KPK.

Johan menambahkan, momentum lebaran juga bisa digunakan untuk memaknai kembali sekaligus intropeksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

"Lebaran, juga menjadi momen bagi saya untuk memompa kembali, menyerap kembali energi positip hidup dari seorang Ibu. Energi dan semangat hidup inilah yang kemudian bisa menyegarkan ingatan sekaligus menjaga istiqomah akan tujuan hidup : menjadi manusia baik yang berguna bagi sesama," tutupnya. (put/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up