JawaPos Radar

Dua Bank Pasok Dana Rp 1,5 T Untuk Proyek Baturaja II

25/05/2016, 07:09 WIB | Editor: Mochamad Nur
Dua Bank Pasok Dana Rp 1,5 T Untuk Proyek Baturaja II
Kebutuhan semen naik untuk mendukung aktivitas konstruksi (Dok Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com -  PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Sumsel Babel menggelontorkan kredit sindikasi pada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk senilai maksimal Rp 1,5 triliun.  

Rencananya, pinjaman akan digunakan BUMN semen di wilayah Sumatera ini untuk mendanai pembangunan pabrik Baturaja II dengan kapasitas produksi 1,75 juta ton semen per tahun.

“Total kebutuhan investasi untuk pembangunan Semen Baturaja kita perkirakan mencapai Rp.3,3 triliun,” Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji di Jakarta  sebagaimana dikutip Indopos, Rabu (25/5).

Sampai dengan April 2016, progress pembangunan telah mencapai 24,3 persen dan dijadwalkan beroperasi penuh pada akhir semester I-2017. Dengan beroperasinya Baturaja II, total kapasitas produksi Semen Baturaja akan menjadi 3,75 juta ton semen per tahun.

Sementara itu, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengatakan,  selain mendukung pengembangan investasi baru, BNI juga memberikan kredit modal kerja kepada Semen Baturaja senilai Rp 100 miliar. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan rantai produksi semen Baturaja.

Sebagai partner keuangan Semen Baturaja, BNI juga memberikan total financial solution business model. Untuk itu, BNI menyiapkan forex/ derivative line maksimal sebesar USD 65 juta pada kesempatan yang sama.

Herry mengatakan,  dukungan  BNI kepada Semen Baturaja bukan hanya melihat dari kebutuhan keuangan saat ini saja, melainkan melihat kebutuhan ke depan secara strategis.

Selain bekerja sama dengan Semen Baturaja, BNI juga menjalin kerja sama dengan mitra korporat Semen Baturaja dalam bentuk pemberian fasilitas kredit kepada supplier dan distributor atau yang dikenal dengan istilah supply chain financing (SCF).

Melalui kerja sama penyaluran kredit ini, Herry meyakini, BNI dan Semen Baturaja bakal dapat mengembangkan potensi bisnis yang lebih besar. “Melalui sinergi ini akan menghasilkan nilai tambah bagi kedua belah pihak,” ujarnya. (lum/nas/JPG)

 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up