JawaPos Radar

Hari Terakhir Arus Balik, Jalur Selatan Padat

24/06/2018, 11:18 WIB | Editor: Imam Solehudin
Tol Cipali
Arus kendaraan dari Tol Cipali menuju Jakarta mulai mengalami penurunan. Polri memprediksi baru malam nanti terjadi peningkatan arus kendaraan, sekalipun tak signifikan seperti sebelumnya. (Dok.JawaPos)
Share this

JawaPos.com - Arus balik liburan hari Raya Idul Fitri 2018 telah memasuki periode akhir. Mulai Senin (25/6), seluruh aktifitas perkantoran dan sekolah sudah mulai berjalan normal kembali.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Kombes Pol Benyamin mengatakan, arus kendaraan di sejumlah tol terpantau lancar.

Saat ini situasi lalu lintas di tol Palimanan hingga Cikampek misalnya, sudah mengalami penurunan intensitas kendaraan.

Dari pantauan petugas tak diketemukan titik kemacetan sepanjang area tersebut. Bahkan disekitar rest area yang biasa menjadi biang penumpukan kendaraan, kondisinya cukup lengang.

"Situasi arus balik sampai saat ini semakin landai, semakin sepi. Sama sekali nggak ada (titik kemacetan)," ujar Benyamin kepada JawaPos.com, Minggu (24/6).

Sekalipun demikian, Benyamin memprediksi hingga malam nanti arus balik akan mengalami peningkatan. "Tapi jumlahnya diperkirakan tidak akan signifikan," kata dia.

Sejauh ini kendaraan terbanyak didominasi dari arah jalur Selatan. Sedangkan jalur Utara turun signifikan.

"Ada penambahan (sampai nanti malam), tapi juga kita perkirakan tidak akan menimbulkan kemacetan. Terbanyak ini dari arah Selatan, dari Bandung. Kalau dari Jateng, Palimanan itu sudah sangat jauh berkurang," terang Benyamin.

Melihat situasi tersebut, Benyamin memperkirakan penerapan sistem one way atau satu arah dari tol Palimanan-Cikarang Utama seperti hari-hari sebelumnya, akan ditiadakan.

Petugas diperkirakan hanya akan menerapkan contraflow. Sistem ini juga tidak akan terlalu panjang, hanya diterapkan di kilometer 53-41 tol Cikampek arah Jakarta.

"Sepertinya tidak (ada one way), tapi kalau contraflow kita tetap pakai di Cikampek, itu hanya sebatas di Cikampek saja," pungkas Benyamin.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up