TNI Beri Reza 'Si Pemanjat Tiang Bendera' Beasiswa

23/08/2018, 18:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
ILUSTRASI. Aksi memukau Yohanes Gama Marchal Lau, ketika memanjat tiang bendera saat upacara Peringatan HUT RI. Reza Mangar juga melakukan aksi heroik serupa. (REZA KELEN FOR TIMOR EXPRESS)
Share this image

JawaPos.com - Yohanes Gama Marchal Lau alias Joni, 13, sempat menggegerkan publik karena aksi heroiknya memanjat tiang bendera. Aksi tersebut ia lakukan karena tali pengikat bendera putus saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Indonesia di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rupanya, tak hanya Joni yang melakukan aksi nekat itu. Sebelumnya, aksi serupa juga pernah dilakukan oleh Reza Mangar saat upacara HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru pada 2017 silam.

Untuk mengapresiasi aksi Reza, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto memberi beasiswa dalam bentuk tabungan Rp 1 juta per bulan hingga ia lulus SMA. Penyerahan ini dilaksanakan di ruang tamu Panglima TNI Subden Mabes TNI Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/8).

Pada kesempatan tersebut, Hadi berpesan agar Reza dapat kembali melanjutkan sekolah. Ia meminta Reza semangat dan pantang menyerah mengejar cita-citanya sebagai tentara.

"Kalau kesehatan bagus, jasmani bagus, akademik bagus dan psikologi bagus bisa masuk pilihan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara atau Akademi Kepolisian, menjadi Letnan Dua," kata Hadi.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu mengatakan, fisik yang prima didukung oleh pendidikan yang mumpuni dapat mengantarkan Reza menggapai cita-citanya menjadi prajurit negara.

Tak lupa Hadi berpesan kepada orang tua Reza untuk mendukung cita-cita sang anak. Ia meminta mereka agar mengawasi tumbuh kembang Reza, agar tidak keluar dari koridor mimpinya.

"Untuk itu, saya minta orang tua turut mengawasi, supaya Reza menjadi anak yang pintar agar bisa membangun wilayah tempat dia tinggal," imbuhnya.

Alumnus Akademi Angkatan Udara 1986 itu juga memberikan intruksi khusus kepada Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 1503-03/Dobo, Letnan Satu (Lettu) Infenteri Dody Masawoy untuk turut serta memantau perkembangan Reza. Hal ini untuk membantu Reza meraih mimpi sebagai prajurit negeri.

"Saya perintahkan kepada Danramil 1503-03/Dobo untuk memonitor, membimbing fisik dan kesehatan Reza agar cita-citanya terwujud," pungkas Hadi.

Dalam acara pemberian beasiswa ini, Hadi turut didampingi Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Dedy Permadi, Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi