JawaPos Radar

Rekrut Petugas Haji dari TNI/Polri, Ini Alasannya

23/04/2016, 07:59 WIB | Editor: admin
Rekrut Petugas Haji dari TNI/Polri, Ini Alasannya
Ilustrasi (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Agama berencana untuk merekrut TNI/ Polri menjadi petugas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Rencana ini muncul sebagai respons atas kejadian atau bencana yang tidak diinginkan saat penyelenggaraan haji seperti tahun lalu.

Terkait rencana tersebut, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil menjelaskan, petugas tersebut akan direkrut dari satuan TNI/Polri. Niatan itupun sudah dikomunikasikan dengan pihak TNI/Polri dan mendapat respons positif.

”Selama ini memang sudah ada keterlibatan. Tapi ini nanti mereka akan terjun langsung menjadi petugas,” ungkapnya ditemui dalam kesempatan sama.


Jamil mengungkapkan alasan perekrutan petugas dari militer ini. Menurutnya, TNI/Polri sudah sangat teruji kinerjanya di lapangan.

Mereka telah mendapat pembekalan yang baik untuk mitigasi bencana. Ilmu tersebut pun bisa disalurkan pada petugas lainnya melalui koordinasi yang baik.

”Rencananya ada 25 dari TNI/Polri. Nanti ada juga unsur DVI (Disaster Victim Identification) yang dimasukkan. Mereka sudah sangat piawai untuk verifikasi dan identifikasi ya,” paparnya.

Meski Kemenag yang mengajukan ke TNI/POlri, para petugas akan tetap melewati proses seleksi. Sama seperti seleksi pada umumnya, seleksi dilakukan langsung oleh Kemenag dengan beberapa tahapan.

Seperti, seleksi administrasi dan tes tertulis. ”Nanti kan dari sana dikirim lebih, tentu kita seleksi,” ujar Mantan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) itu. (mia/sof/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up