JawaPos Radar

Penting! Pesan Menteri PANRB Buat CPNS 2017

23/01/2018, 06:14 WIB | Editor: Imam Solehudin
CPNS 2017
Ilustrasi PNS (Dok.JawaPos)
Share this

JawaPos.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Asman Abnur berharap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 dapat menjadi motor perubahan dan penggerak.

"Tentu anda (CPNS) diharapkan menjadi motor perubahan motor penggerak baru di lingkungan kerja anda. Inovasi diharapkan datangnya dari anda yg terpilih," kata Asman di Balai Kartini, Jakarta, Senin (22/1).

Asman mengingatkan, untuk menggunakan masa orientasi dalam mengenal lebih jauh tentang pekerjaan yang diemban nanti.

CPNS 2017
Menteri PANRB, Asman Abnur (Dok.Jawapos)

Sehingga, para calon aparatur negara, tahu dan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang harus dipatuhinya.

"Untuk itu pengenalan orientasi akan menambah wawasan dan pengetahuan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Profesionalisme kunci yang harus diwujudkan, menghadapi tantangan ke depan," jelas Asman.

Ada beberapa hal yang dilihat Asman perlu ada di dalam diri ASN. Yaitu jiwa enterpreneurship.

Menurutnya ASN, harus bekerja dengan produktif dan mempunyai tujuan yang jelas. Selanjutnya, hospitality jiwa yang melayani.

"Jangan selalu mengedepankan kewenangan, kedepankan rasa melayani sehingga yang dikeluhkan masyarakat. PNS yang tidak ramah dan melayani generasi sekarang tidak boleh melakukan hal itu lagi," pesan Asman.

CPNS yang terpilih, lanjut Asman, juga harus menjadi pemersatu bangsa. Dengan mengembangkan potensi di tingkat Internasional.

ASN harus mampu bersaing dengan negara-negara besar dan punya wawasan Internasional.

"Pemerintah membentuk program agar ASN akan mendapatkan pelatihan setiap orangnya 20 jam pertahun. Nantinya kita akan berhadapan dengan highly competitive atau MEA," imbuh Asman.

"Selamat sebagai orang yang terpilih karena dengan sistem rekruitmen sekarang, tidak gampang jadi PNS. Gunakan kesempatan yang diberikan negara, jangan sia siakan," tutupnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up