JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bersama 5 Menteri Perempuan, Jokowi Peringati Hari Ibu di Papua

22 Desember 2017, 18:27:06 WIB
Bersama 5 Menteri Perempuan, Jokowi Peringati Hari Ibu di Papua
Presiden Jokowi bersama lima menteri perempuan Kabinet Kerja saat peringatan Hari Ibu di Raja Ampat, Papua Barat (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Hari Ibu selama ini diperingati setiap 22 Desember. Pada tahun ini Hari Ibu juga dirayakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya Iriana Jokowi dan lima orang menteri perempuan di Kabinet Kerja. Peringatan Hari Ibu tahun ini dilangsungkan di Raja Ampat, Papua Barat.

“Hari ini kita memperingati Hari Ibu, artinya kita juga memperingati hari mama-mama Papua karena mereka adalah Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo di acara Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 Tahun 2017 dipusatkan di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, (22/12).

Peringatan Hari Ibu tahun ini mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Menurut Jokowi, peringatan Hari Ibu menjadi momentum untuk membuktikan bahwa telah ada perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Serta, menghargai semangat dan perjuangan kaum perempuan sebagai perwujudan peran serta perempuan dalam proses pembangunan bangsa.

Bersama 5 Menteri Perempuan, Jokowi Peringati Hari Ibu di Papua
Presiden Joko Widodo berbincang bersama mama-mama Papua (Istimewa)

Presiden mengakui perempuan di Indonesia sudah diberikan ruang dalam pembangunan bangsa Indonesia. Buktinya, Indonesia kini memiliki 9 menteri perempuan dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Bahkan jika dibandingkan Amerika Serikat, Indonesia sudah pernah memiliki presiden perempuan yaitu Megawati Soekarno Puteri.

Jokowi pun menggambarkan keberhasilan pembangunan Indonesia tidak lepas dari menteri-menteri perempuan yang sukses di bidangnya. Contohnya Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menkes Nila Moeloek, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri PPPA Yohana Yembise.

Presiden pun memanggil 5 menteri perempuan yang hadir dalam acara puncak PHI ke-89, yakni Puan Maharani, Retno Marsudi, Nila Moeloek, Yohana Yembise, dan Siti Nurbaya untuk maju ke depan membacakan puisi berjudul “Pesan Ibu Bangsa.”

Sementara itu, Menteri PPPA Yohana Yembise menyatakan kegembiraannya karena puncak PHI ke-89 bisa diselenggarakan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

"Saya berharap Hari Ibu menjadi momentum untuk meningkatkan potensi perempuan Indonesia, mendorong kesetaraan gender untuk bekerja sama membangun bangsa dan negara. Selamat Hari Ibu untuk kita semua!” ujar Menteri PPPA, Yohana Yembise.

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini