alexametrics

Siswa Lulus SNMPTN Dilarang Ikut SBMPTN, LTMPT Berlakukan Sistem Kunci

22 Maret 2019, 21:59:52 WIB

JawaPos.com – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi memastikan pihaknya bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberlakukan sistem kunci bagi calon mahasiswa yang telah lulus SNMPTN agar tidak mendaftar lagi di SBMPTN.

Sebab, menurut pengalamannya, calon mahasiswa yang kembali mendaftar jalur SBMPTN membuat adanya kursi kosong pada kuota SNMPTN.

“Kami kunci, yang sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN. Hal ini agar tidak terjadi kursi kosong pada kuota SNMPTN, semuanya akan tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” ujarnya dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Jumat (22/3).

Sebelumnya, Menristekdikti Mohamad Nasir mengumumkan 92.331 siswa lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019. Adapun 26.217 siswa di antaranya merupakan peserta beasiswa Bidikmisi.

“Dari 478.608 pendaftar SNMPTN di tahun 2019 yang diterima 92.331 siswa pada 85 PTN se-Indonesia, dengan persentase 19,29 persen,” ujarnya, Jumat (22/3). 

Nasir mengingatkan agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di perguruan tinggi tempat diterima.

Sementara bagi para siswa yang tidak lulus, dipersilakan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) gelombang I. Nilai UTBK digunakan siswa untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran UTBK gelombang I sendiri akan ditutup pada Minggu (24/3) pukul 22.00 WIB. Sedangkan gelombang II akan dimulai pada Senin (25/3) pukul 10.00 dan akan ditutup pada Senin (1/4) mendatang.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Yesika Dinta

Copy Editor :

Siswa Lulus SNMPTN Dilarang Ikut SBMPTN, LTMPT Berlakukan Sistem Kunci