alexametrics

Rekrutmen PPPK Dibagi 2 Tahap, 150 Ribu Formasi Tersedia untuk Honorer

22 Januari 2019, 20:00:34 WIB

JawaPos.com – Pemerintah tengah mematangkan mekanisme perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam waktu dekat, penerimaan PPPK akan dimulai serta dibagi dalam dua tahapan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan membuka 150.000 formasi untuk program yang difokuskan untuk honorer. Honorer yang dituju, antara lain tenaga pendidik dan kesehatan.

“Dibagi dua tahap, karena yang tahap pertama ini yang sudah dulu, sudah karena database-nya ada. Mereka yang sudah bekerja di sekolah atau di puskesmas atau di rumah sakit yang datanya sudah ada di BKN, gampang,” ujarnya saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1).

Bima menegaskan, dalam rekrutmen PPPK pemerintah tidak menetapkan batas usia. Seluruh tenaga honorer, walaupun sudah menginjak usia lanjut dan menjelang pensiun dipersilakan mendaftar serta mengikuti prosesi rekrutmen.

Namun, dia memprioritaskan para tenaga honorer yang masih aktif bekerja. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sebelum itu kan kami koordunasi dulu dengan Dikbud dan Kesehatan. Sampai diinvestigasi apakah orang ini benar database-nya, masih bekerja atau sudah tidak bekerja lagi. Yang diprioritaskan adalah yang masih bekerja. Dia masih mengajar di sekolah itu. Itu yang diprioritaskan,” tutur dia.

Sebagai informasi, rekrutmen PPPK akan dilakukan di wilayah pemerintah daerah. Sebelum itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terlebih dahulu akan melakukan pertemuan dengan gubernur dan sekda seluruh Indonesia untuk membahas mekanisme perekrutan.

Pemerintah memastikan, status PPPK setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Artinya, gaji dan beban kerja PPPK diatur dengan peraturan yang sama dengan PNS.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Yesika Dinta

Rekrutmen PPPK Dibagi 2 Tahap, 150 Ribu Formasi Tersedia untuk Honorer