alexametrics

Kemudikan Pesawat Sukhoi, Panglima TNI Kerjai Kapolri

21 Desember 2017, 05:35:16 WIB

JawaPos.com – Selama kurang lebih 30 menit Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin handling di udara menggunakan pesawat sukhoi TS-3007.

Yang menarik, Panglima TNI mengajak Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Ade Supandi.

Hadi mengungkapkan kalau selama di udara, dia ‘mengerjai’ Tito dengan beragam pelatihan pesawat tempur yang langsung didatangkan dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menaiki pesawat sukhoi TS-3007 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Muhamad Ridwan/JawaPos.com)

“Saya yakin Kapolri, KSAD dan KSAL merasakan sensasi terbang dengan sukhoi, terutama saat mendarat,” kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/12).

Hadi menyebut, dirinya memimpin formasi terbang right echelon dengan terbang di ketinggian 25.000 fit diatas permukaan laut. Meski demikian, hanya formasi itu yang dapat dilakukan lantaran cuaca di udara sedang kurang baik.

“Rencananya mau kita laksanakan exercise two versus two, ini yang biasa dilakukan apabila melaksanakan intersep pesawat-pesawat musuh,” ungkap Hadi.

Bukan hanya itu, bahkan Hadi menyebut saat landing pesawat pun dilakukan pengereman drag chute, yakni sistem pengereman menggunakan parasut.

“Itu sengaja tidak saya sampaikan kepada Kapolri supaya merasakan sensasinya,” ujar Hadi.

Lebih lanjut, Hadi yang sampai saat ini masih merangkap sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) menyampaikan kalau perihal ini dilakukan untuk menunjukan sinergisitas antara TNI dan Polri.

“Tujuannya besarnya adalah kita menunjukkan soliditas TNI-Polri yang kita bina selama ini, kita pertahankan dan akan semakin kuat,” tandasnya.

Editor : admin

Reporter : (rdw/JPC)

Kemudikan Pesawat Sukhoi, Panglima TNI Kerjai Kapolri