JawaPos Radar

Pesan Ketua Pemuda Muhammadiyah di Tahun Baru Hijriah

21/09/2017, 15:06 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tahun baru Islam
Replika Alquran saat mengikuti acara pawai obor dalam rangka mememeriahkan malam tahun baru Islam 1439 Hijriah (Dziki Oktomauliyadi/Banten Pos/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hari ini, Kamsi (21/9) bertepatan dengan 1 Muharram 1439 H atau tahun baru Islam. Momentum tahun baru ini menjadi arti tersendiri bagi Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar.

Menurut Dahnil, tahun baru ini bisa dijadikan momentum reflektif bagi umat Islam untuk terus bergerak memperbaiki kualitas peradaban.

"Karena sejatinya momentum hijrah adalah momentum perbaikan dan kebangkitan peradaban Islam, dari era Makiyah ke era Madiniyah, di mana era Madinah adalah era peradaban maju Islam hadir dengan simbolisasi ketinggian akhlak umat pada saat itu," tutur dia kepada JawaPos.com, Kamis (21/9).

Tahun baru islam
Pawai obor dalam rangka mememeriahkan malam tahun baru Islam 1439 Hijriah (Dziki Oktomauliyadi/Banten Pos/JawaPos.com)

Oleh karena itu, dia mengajak umat Islam maupun umat beragama lainnya untuk bersatu menjadikan momentum hijriah sebagai momentum memperbaiki keadaban demi Indonesia yang maju.

"Terkait dengan isu PKI (Partai Komunis Indonesia), itu tidak akan hidup di tanah yang rakyatnya menjunjung tinggi keadaban dan menghadirkan agama sebagai solusi bagi kehidupan sosial," tegas dia.

Untuk itu, dia meminta kepada umat Islam untuk memperkuat peran agama sebagai solusi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. "Dengan begitu, pastilah komunisme tidak bisa tumbuh subur di tanah yang disirami nilai mulia Ketuhanan yang menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai buahnya," tambah dia.

(elf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up