JawaPos Radar

H+5 Arus Lalu Lintas Menurun, Puncak Arus Balik Sudah Lewat?

20/06/2018, 15:59 WIB | Editor: Imam Solehudin
Arus Balik
Memasuki H+5 Idul Fitri, arus kendaraan terpantau lancar. Arus balik kendaraan menuju Jakarta cukup normal, sekalipun memang terjadi beberapa kepadatan di sejumlah titik. Terutama kawasan rest area. (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kepadatan kendaraan di H+5 libur Hari Raya Idul Fitri terpantau menurun. Situasi itu berbeda dengan intensitas kendaraan arus balik yang terjadi pada Selasa (19/6).

Bahkan kemarin, Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri hingga memberlakukan sistem one way atau satu arah dari Tol Palimanan hingga Cawang.

Meski terjadi kepadatan arus lalu lintas yang signifikan, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin belum mau menyebut hari Selasa lalu sebagai puncak arus balik.

Akan tetapi, Benyamin mengharapkan puncak arus balik betul-betul telah terlewati. "Mudah-mudahan sih (puncak arus balik) sudah selesai harapan kita," ungkapnya kepada JawaPos.com, Rabu (20/6).

Benyamin menuturkan, sejauh ini dari perhitungan Korlantas sebanyak 45 persen pemudik telah kembali ke ibu kota. Sedangkan 55 persen lainnya akan akan berangsur-angsur kembali ke Jakarta hingga hari Minggu (24/6).

"Sudah ada sekitar 45 persen yang kembali ke Jakarta, tinggal sekitar 55 hingga 60 persen lagi. Itu pun dibagi sampai dengan hari Minggu," terangnya.

Di sisi lain, sejauh ini situasi lintas di sekitar tol Cikampek terpantau ramai serta masih dalam intensitas normal. Kepadatan hanya terjadi di sekitar rest area. Untuk mengurainya, Korlantas melakukan contraflow di setiap lokasi peristirahatan tersebut.

"(Kecepatan kendaraan saat ini di tol) tergantung tempatnya. Kalau dekat rest area dia melambat, maka kita buat contraflow saat ini seperti di reat area 210 kemudian 164, rest area 130, rest area 101, maupun 86, dan seluruh rest area di Cikampek kita lakukan contraflow," pungkas Benyamin.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up