JawaPos Radar

Yudi Latif: Zaskia Gotik Cocoknya Jadi Santri Pancasila

19/04/2016, 17:30 WIB | Editor: Imam Solehudin
Yudi Latif: Zaskia Gotik Cocoknya Jadi Santri Pancasila
Zaskia Gotik (Dok.JPNN/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Harian Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Pancasila, Yudi Latif menyebut gelar "Duta Pancasila" yang disematkan kepada pedangdut Zaskia Gotik mesti dikaji ulang. 

Menurutnya, istilah duta sejatinya mengacu kepada orang-orang yang memang punya kontribusi dan pengabdian yang nyata terhadap satu bidang. Termasuk menunjukan sebuah keteladanan dalam bersikap maupun bertutur kata. 

"Dalam tataran ini, (Zaskia Gotik) belum tepat rasanya. Masih terlalu jauh," ujar dia kepada JawaPos.com, Selasa (19/4). 

Yudi menegaskan, Zaskia justru lebih cocok disebut sebagai student of Pancasila. 

"Bukan duta. Tapi pelajar atau santri Pancasila. Saya rasa itu lebih pas, karena yang bersangkutan masih dalam tahapan awal dalam memahami nilai-nilai Pancasila," ungkap penulis buku 'Revolusi Pancasila dan Negara Paripurna" itu.

Dia mengaku prihatin dengan sejumlah insiden penginaan terhadap yang dilakukan sejumlah artis. 

Menurutnya, hal ini menunjukan bahwa proses pembudayaan terhadap nilai Pancasila belum seutuhnya tertanam dalam diri mereka.  

"Sebelum Zaskia, sempat juga kita mendengar salah satu pedangdut (Cita Citata) berkata tak pantas terhadap orang-orang Papua," ungkap dia.(mam/JPG) 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up