JawaPos Radar

Ini Ancaman Berat MenPANRB Untuk PNS yang Kedapatan Pungli

18/10/2016, 14:46 WIB | Editor: admin
Ini Ancaman Berat MenPANRB Untuk PNS yang Kedapatan Pungli
Ilustrasi (dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengaku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berbicara langsung kepadanya untuk melakukan pemecatan terhadap pegawai negeri sipil (PNS) yang kedapatan melakukan pungli.

Hal itu dia katakan sebagai komitmen pemerintah dalam upaya pelaksanaan reformasi birokrasi yang selama ini digaungkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Presiden intruksikan kalau ada PNS yang ketahuan Pungli langsung pecat," ujar Asman di Kemeterian PANRB, Jakarta, Selasa (18/10).

Pria asal Sumatera Barat tersebut menambahkan, saat ini kementeriannya telah bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk bisa mempercepat melakukan pemecatatan ke PNS yang kepadapat melakukan pungli itu tanpa harus menunggu proses pengadilan.

"Karena barang bukti sudah jelas, sudah tertangkap tangan begitu," katanya.

Sebelumnya, Menteri PANRB Asman Abnur telah mengeluarkan surat edaran (SE) Menteri PAN RB Nomor 5 Tahun 2016 terkait pemberantasan pungli di lingkungan pemerintahan.

Surat edaran tersebut dikatakan Asman bukan hanya berlaku di internal. Melainkan juga ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementrian (LPNK), pimpinan Kesektariatan Negara, Kesektariatan Lembaga Non Struktural (LNS), Gubernur, Bupati dan Wali Kota.(cr2/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up