JawaPos Radar

Cara Ampuh Cegah Pungli Ala Menteri PANRB

18/10/2016, 14:01 WIB | Editor: Ilham Safutra
Cara Ampuh Cegah Pungli Ala Menteri PANRB
Kepala BPKP Ardan Adiperdana dan Men PANRB Asman Abnur (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abdur mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Aparat Internal Instansi Pemerintah (APIP) untuk memerangi kejahatan pungli.

Hal itu untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberantasan pungli di lingkungan intansi pemerintahan.

"Ini bagian dari upaya pelaksanaan reformasi birokrasi," ujar Asman di Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (18/10).

Selain itu para pimpinan intansi pemerintahan juga harus menugaskan APIP untuk mendorong dan memantau langkah-langkah pencegahan dan deteksi terjadinya pungli.

Oleh sebab itu dia meminta hasil penindakan diumumkan secara rutin kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan intansi pemerintah masing-masing.

Dalam pengumuman tersebut juga dikatakan Asman harus disertai kronologi adanya pungli itu. Seperti kejadiannya seperti apa, dan buktinya apa.

"Dengan demikian bisa memberikan pelajaran dan efek jera bagi aparatur lainnya sehingga tidak melakukan perbuatan pungli," katanya.(cr2/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up