JawaPos Radar

Pelindo IV Beri Tiga Mesin Tempel dan Beasiswa di Perairan Halmahera

18/08/2018, 11:51 WIB | Editor: Mochamad Nur
Pelindo IV Beri Tiga Mesin Tempel dan Beasiswa di Perairan Halmahera
Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Dirut Pelindo IV Doso Agung memberikan bantuan kepad nelayan di Halmhera (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - PT Pelindo IV (Persero) menyumbang tiga mesin tempel kapal kepada nelayan yang telah berjasa menyelamatkan puluhan penumpang korban tenggelam KMP l Bandeng di perairan Halmahera.

Bantuan diberikan Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Dirut Pelindo IV Doso Agung usai mengadakan upacara bendera 17 Agustus, Jumat pagi.

"Nelayan ini yang memberitahukan dimana para korban berada dan mereka juga membantu menyelamatkan puluhan penumpang yang terbalik,” tutur Rini dalam keterangan resmi, Sabtu (18/8).

Dirut Pelindo IV Doso Agung mengatakan bantuan mesin tempel senilai Rp450 juta sebagai wujud BUMN hadir untuk negeri. Ada tiga kelompok nelayan yang mendapatkan mesin tempel, dimana masing-masing kelompok mendapatkan tiga mesin.

Pada upacara peringatan HUT 73 kemerdekaan RI di halaman Pelindo Ternate Maluku, Pelindo IV juga membantu beasiswa bagi pelajar berprestasi, menyelenggarakan jalan sehat 5 KM, pasar murah, siswa mengenal Nusantara, membangun MCK, taman bacaan.

Keberadaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, salah satu fungsi kelembagaan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mempercepat aktualisasi terwujudnya cita-cita kemerdekaan.

Pelindo IV sepanjang tiga tahun telah melakukan Program Direct Export dan Direct Call untuk wilayah Timur. Melalui program ini kegiatan ekspor dari wilayah timur Indonesia dapat dilakukan lebih singkat, murah dan berdaya saing.

Sehingga saat ini ekonomi kawasan timur Indonesia rata-rata diatas kawasan barat Indonesia. Sesuai dengan data BPS, pertumbuhan tertinggi kuartal II-2018 dicapai oleh Maluku dan Papua sebesar 18,18 persen. Sementara Kalimantan 3,31 persen, Bali dan Nusa Tenggara 3,75 persen , Jawa 5,69 persen dan Sumatra 4,65 persen.

Pelindo IV juga melaksanakan pembangunan dermaga dan reklamasi kolam seluas 8300 m2 serta pemasangan satu unit container crane dan pada bulan September nanti beserta peralatan pendukungnya untuk dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan ternate menjadi 2 kali lipat.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up