JawaPos Radar

Nih Total Jumlah Rumah Murah yang Baru Dibangun Pemerintah 

17/05/2017, 04:40 WIB | Editor: Imam Solehudin
Nih Total Jumlah Rumah Murah yang Baru Dibangun Pemerintah 
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Realisasi Program Sejuta Rumah hingga kuartal I-2017 baru tercapai sebanyak 169.614 unit. Waktu pengerjaan yang lama diklaim sebagai penyebabnya.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syarif Burhanuddin mengatakan, dari total rumah yang yang sudah terbangun, mayoritas ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 155.408 unit. Sementara sisanya rumah non MBR.

"Per 30 April ada 169.614 unit, MBR 155.408 unit dan non MBR 14.206 unit," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/5).

Menurut Syarif, dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2016 lalu, maka realisasi tersebut tidak jauh berbeda. Namun, angka itu terbilang kecil karena target pembangunan yang harus direalisasikan sebanyak satu juta unit. 

"Padahal rumah justru 70 persen dibangun swadaya dengan developer langsung, tak pakai subsidi, tak pakai bunga bank. Uang pinjaman dari keluarga dan sebagainya. Kalau acuannya hanya bank, memang relatif kecil," ujarnya.

Syarif menambahkan, pemasokan hunian di awal tahun ini cenderung sedikit. Namun demikian, pihaknya optimis bahwa pertengahan tahun nanti jumlahnya bertambah lebih banyak.

"Bangun rumah tidak sama dengan beli kue, ada proses panjang. Januari sampai Maret relatif belasan ribu, ini sudah bagus kenaikannya dari belasan ribu menjadi ratusan ribu. Nanti bulan Juni sampai Agustus akan makin meningkat," imbuhnya.(jar/rmol/mam/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up