JawaPos Radar

Kemenpan-RB Incar Lulusan Cumlaude dan Doktor di Rekrutmen CPNS 2017

13/09/2017, 17:16 WIB | Editor: Mochamad Nur
Kemenpan-RB Incar Lulusan Cumlaude dan Doktor di Rekrutmen CPNS 2017
Menpan-RB Asman Abnur (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 untk 91 formasi. Dari lowongan yang tersedia, 19 posisi diperuntukkan bagi pelamar dengan predikat lulusan cumlaude atau dengan pujian.

"Pemerintah ingin agar lulusan cumlaude dapat menjadi ASN, dan dalam rekrutmen CPNS tahun ini minimal sepuluh persen diperuntukkan bagi lulusan cumlaude,” kata Menpan-RB Asman Abnur di Jakarta, Rabu (13/9).

Khusus untuk Kemenpan-RB, formasi untuk sarjana cumlaude bahkan melebihi 20 persen. Yakni, 19 orang dibanding 91 jumlah formasi keseluruhan.

Tidak berhenti sampai di situ, Kemenpan-RB juga membuka formasi untuk lulusan S3 dan S2 pada rekrutmen CPNS tahun ini. Terdapat empat jabatan yang diperuntukkan lulusan S3.

Yakni, Perencana Ahli Pertama, Analisis SDM Aparatur masing-masing satu orang, dan dua orang Analis Kebijakan Ahli Pertama. Sedangkan formasi untuk sarjana S-2 dialokasikan 20 formasi, dan selebihnya sarjana S-1.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman menambahkan, kriteria cumlaude adalah dari perguruan tinggi terakreditasi A atau unggul dan program studi juga terakreditasi A atau unggul pada saat lulus.

"Hal itu harus dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau dengan pujian pada ijasah atau transkrip nilai,” ujar Herman.

Menurut dia, pelamar cumlaude juga harus memiliki skor ITP paper-based TOEFL yang diterbitkan mulai 1 September 2015 (bukan prediction test) dengan skor minimal 450 bagi pelamar dari lulusan S-1, dan skor minimal 500 bagi pelamar dari S-2.

Untuk persyaratan umur, pada tanggal 1 September 2017 minimal berusia 18 tahun, dan maksimal 32 tahun untuk lulusan S-1, 33 tahun untuk S-2, dan 35 tahun untuk S-3. Bagi pelamar yang memiliki ijasah pendidikan dari universitas luar negeri (LN), wajib memiliki surat pernyataan ijasah yang dilegalisir Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek Dikti.

Informasi lengkap soal rekrutmen CPNS Kemenpan-RB dapat dilihat di: https://rekrutmen.menpan.go.id/index.php/home/menpan di bagian Pengumuman Pelaksaan CPNS Kementerian PAN-RB. 

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up