alexametrics

Indonesia Stop Impor Boeing 737 MAX-8, Luhut: Apapun Bisa Terjadi!

13 Maret 2019, 07:05:04 WIB

JawaPos.com – Jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines usai take off dari Addis Ababa membuat Boeing 737 Max 8 menjadi sorotan dunia, termasuk Indonesia. Pasalnya, maskapai asal benua hitam ini menggunakan pesawat tipe yang sama dengan pesawat Lion Air yang jatuh di Teluk Tanjung Karawang.

Usai insiden tragis itu, beberapa negara langsung melakukan grounded atau pelarangan terhadap penggunaan pesawat Boeing 737 Max 8. Sebut saja Tiongkok, Singapura hingga Indonesia juga ikut melarangnya. Untuk dalam negeri, pelarangan terbang masih bersifat sementara.

Indonesia sejatinya masih punya peluang untuk benar-benar ‘mengharamkan’ pesawat tipe tersebut beroperasi di langit Indonesia. Hanya saja, semua perlu pertimbangan matang agar tidak merugikan banyak pihak.

Indonesia Stop Impor Boeing 737 MAX-8, Luhut: Apapun Bisa Terjadi!
Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan (DOK.JAWAPOS.COM)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Indonesia bisa saja benar-benar melarang sekaligus menghentikan impor pesawat asal Amerika Serikat itu. Dia menegaskan, hal itu bisa dilakukan dengan mempertimbangkan faktor keamanan yang merupakan prioritas bagi seluruh layanan penerbangan di dalam negeri maupun dunia.

“Ya anything could happen (apapun bisa terjadi). Macam apa saja. Kita kan harus lihat safety-nya nomor 1. Jadi safety menjadi prioritas kita,” ujarnya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (12/3).

Masalahnya, beberapa maskapai telah melakukan kesepakatan terkait pembelian pesawat anyar kebanggaan Boeing itu. Sebut saja Lion Air, Garuda Indonesia, hingga Sriwijaya Air. Khusus Sriwijaya, maskapai tersebut belum mendatangkannya, hanya masih bersifat kesepakatan.

Meski begitu, Luhut menegaskan tidak ingin mengambil risiko lebih jika pesawat tersebut sudah terbukti banyak bermasalah kondisinya. “Ya kita lihat dong. Kalau pesawatnya memang cacat ya masa misalnya saya tetap beli dari kamu tapi nanti barang jatuh pas bawa rakyat saya,” tegasnya.

Kendati demikian, Luhut menegaskan jika pemerintah tidak akan gegabah. Berbagai upaya komunikasi bakal terus dilakukan demi meningkatkan kualitas keamanan dan kenyamanan industri penerbangan Tanah Air.

“Saya pikir nggak akan dilakukan dalam waktu dekat. Evaluasi yang cermat lah, nggak boleh buru-buru lah. Karena ini menyangkut banyak pihak,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Indonesia Stop Impor Boeing 737 MAX-8, Luhut: Apapun Bisa Terjadi!