JawaPos Radar

Catat Nih! Menpan-RB Jamin Tes CPNS Tahun Ini Bebas Kecurangan

12/09/2017, 18:03 WIB | Editor: Mochamad Nur
Catat Nih! Menpan-RB Jamin Tes CPNS Tahun Ini Bebas Kecurangan
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementeriam Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung telah dimulai sejak Senin (11/9) kemarin.  

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur pun menjamin pelaksaan tes CPNS kali ini dipastikan tidak memberi celah untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktek percaloan.

"Dengan sistem yang telah bersama-sama kita bangun, kemudian kita awasi, saya yakin sudah tidak ada celah lagi untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktek percaloan," kata Asman saat melakukan peninjauan pelaksanaan SKD CPNS, di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (12/9).

Catat Nih! Menpan-RB Jamin Tes CPNS Tahun Ini Bebas Kecurangan
Menteri PAN-RB Asman Abnur (Dok.JawaPos.com)

Asman mengungkapkan, dia telah meninjau pelaksanaan SKD di dua lokasi, yakni Denpasar dan Jakarta. Berdasar tinjauan langsung ke lapangan, dia menjamin tidak ada celah untuk berbuat curang karena telah menelusuri serta melihat proses demi proses yang dilalui oleh para peserta.

Dia mengaku telah melihat secara langsung dari proses awal, mulai dari peserta datang ke lokasi, menyerahkan KTP, kemudian dilakukan verifikasi nomor peserta. Selain itu, saat ujian pun hasil dari soal yang dikerjakan oleh para peserta dapat dilihat secara real time.

Hal tersebut, kata dia, menunjukkan bahwa seluruh rangkaian SKD tidak ada celah untuk berbuat curang.

"Saya mengikuti dari proses awal, mulai peserta menunjukkan KTP-nya, kemudian petugas memverifikasi nomer ujian peserta. Setelah itu hasil yang dikerjakan para peserta pun dapat langsung dilihat secara real time. Tidak ada kesempatan berbuat curang," ujar Asman.

Selain itu, Asman juga melihat jadwal tes para peserta, serta mengamati langsung peserta yang tengah melakukan SKD. Dia juga menyempatkan diri melakukan dialog dengan para peserta, untuk kemudian memberikan semangat kepada para peserta agar dapat mengikuti tes dengan lancar.

Saat melakukan peninjauan, Asman didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan & Otonomi Daerah Shadiq Pasadigoe, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Nyoman Arsa, dan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono.

Diketahui, Seleksi Kompetensi dasar (SKD) gelombang pertama (Kemenkumham dan MA) dilaksanakan pada 11 September hingga 16 September 2016. Sementara pendaftaran CPNS gelombang kedua di 60 Kementerian dan Lembaga serta Pemprov Kaltara telah dibuka sejak kemarin. 

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up