JawaPos Radar

Animo Tinggi, Ini Daftar Pengunjung Web Seleksi CPNS

12/09/2017, 20:20 WIB | Editor: Mochamad Nur
Animo Tinggi, Ini Daftar Pengunjung Web Seleksi CPNS
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Animo masyarakat untuk melamar lowongan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) begitu tinggi. Data Center Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) menyebutkan pada 6-11 September 2017, website SSCN telah diakses oleh lebih dari 1,6 juta orang.

Rinciannya, ada 54,04 persen masyarakat mengakses via desktop atau komputer, 44,75 persen melalui mobile device atau ponsel pintar, dan 1,21 persen mengakses melalui tablet.

Kondisi itu menggambarkan terbukanya peluang birokrasi mendapat input generasi yang melek teknologi informasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2017 ini.

"Hadirnya kader-kader berkarakter milenial tersebut diharapkan akan memberikan energi positif terwujudnya akselerasi pencapaian target Pemerintah," tegas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Selasa (12/9).

Di bagian lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB), Asman Abnur dalam kunjungan ke BKN, Selasa (12/9) menyampaikan bahwa hingga hari kedua pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT BKN, secara umum tahapan rekrutmen CPNS berjalan lancar. Pada kesempatan itu Asman menyaksikan secara langsung pelaksanaan SKD CAT di Station CAT Kantor Pusat BKN.

Sementara itu, saat ditanya soal kemungkinan adanya potensi kecurangan dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2017, Asman menyampaikan tidak ada celah untuk melakukan kecurangan. Mulai dari pendaftaran, hingga screening dilakukan dengan ketat. Peserta memperoleh akses login ke web SSCN hanya dengan menginput NIK melalui verifikasi dari Ditjen Dukcapil. Kemudian peserta tes juga harus menunjukan tanda pengenal otentik sebelum mengikuti ujian hingga pelaksanaan tes.

Hasil tes juga bisa diketahui seketika setelah tes selesai. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat memastikan terwujudnya target Pemerintah terekrutnya kader terbaik bangsa dalam rekrutmen CPNS tahun 2017 ini dapat terwujud.

"Hal itu menunjukkan rangkaian tahapan rekrutmen benar-benar menutup celah kecurangan dan KKN," kata Asman.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up