JawaPos Radar

Relokasi Kampung Luar Batang, Fadli Zon: Itu Namanya Menggusur Rakyat Miskin

12/04/2016, 18:35 WIB | Editor: husain
Relokasi Kampung Luar Batang, Fadli Zon: Itu Namanya Menggusur Rakyat Miskin
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. (Dokumen JPNN.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan kerusuhan yang terjadi dalam penggusuran di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara‎.

Fadli menilai, tak seharusnya Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta arogan ketika melakukan penggusuran. Karena bisa melakukan pendekatan persuasif.

‎"Pembongkaran itu kebijakan yang sangat sensitif, Pemkot Jakarta jangan sampai arogan dalam pendekatannya," tegas Fadli, Selasa (12/4). ‎‎

Legislator asal Jawa Barat itu menuturkan, adanya resistensi menunjukkan proses komunikasi yang buruk antara Pemkot Jakarta dengan warga Luar Batang. Perlu dipastikan apakah ada tindakan adil yang diterima 4.929 jiwa atas penggusuran tersebut.

"Resistensi muncul karena pasti ada ketidakadilan dan komunikasi yang buruk. Penggusuran ini jelas melukai hati rakyat," kata Fadli kesal.

‎Cara-cara yang ditempuh Pemkot DKI Jakarta dalam pembongkaran menurutnya berlebihan. Yakni, dengan mengerahkan 4.218 aparat gabungan. Tentu, warga pasti merasa terintimidasi.

Fadli pun mempertanyakan nasib warga Luar Batang yang direlokasi itu. Ia berharap, hal itu jangan sampai memunculkan permasalahan lain yang lebih kompleks.

Sebab, belum ada jaminan mereka hidup lebih baik di tempat yang baru. "Tugas Pemkot menurunkan kemiskinan. Kalau begitu bisa jadi bukan menggusur kemiskinan, tapi menggusur rakyat miskin," tegasnya.

Soal relokasi itu, Fadli meminta agar Pemkot Jakarta menjelaskan ‎secara detail peruntukannya nanti. ‎Sebab, kampung Luar Batang merupakan salah satu perkampungan tertua di Jakarta.‎ "Rencananya jangan ada yang ditutup-tutupi," ‎pungkasnya. (dna/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up