JawaPos Radar

Para Peserta Tes CPNS, Ada Pesan Penting Nih dari Menteri PANRB

11/09/2017, 19:04 WIB | Editor: Imam Solehudin
Para Peserta Tes CPNS, Ada Pesan Penting Nih dari Menteri PANRB
Menteri PANRB, Asman Abnur saat melakukan kunjungan ke Kantor Kemenkum HAM Regional X BKN Denpasar, Bali, Senin (11/09). (Ist For Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menegaskan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membantu meloloskan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Peserta CPNS yang telah dinyatakan lolos administrasi, kata Asman, hanya dapat mengandalkan kemampuannya sendiri untuk sampai pada tahap berikutnya.

Hal itu disampaikannya saat meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Kementeriam Hukum dan HAM di Kantor Regional X BKN Denpasar, Bali, Senin (11/09).

"Sekarang tahapnya sangat ketat. Dengan sistem sekarang ini, kami bisa memperoleh pegawai ASN pilihan," kata Asman.

Asman mengatakan, dengan sistem seleksi CPNS terbuka, tidak ada oknum yang bisa membantu meloloskan peserta. "Mereka hanya bisa mengandalkan kemampuan yang dimiliki," ujar Asman.

Dalam tinjauannya di Bali, Asman melihat proses tes dari awal hingga akhir. Sebelum masuk ke ruang monitoring, dia berbincang sejenak dengan beberapa peserta dan melihat-lihat kartu ujian para peserta.

Di ruang tunggu, Asman menyempatkan diri berbincang dengan orang tua peserta yang sedang menunggu anaknya mengikuti tes. Di tempat tersebut, terdapat layar monitor untuk melihat hasil tes dari peserta yang telah selesai tes.

Asman kemudian didampingi Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto menuju ruang monitoring untuk melihat suasana SKD dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Saat itu, sedang berlangsung CAT sesi 2. Pihak panitia mengatakan bahwa sesi 1, peserta yang lulus passing grade hanya 30 persen.

Kanreg X BKN melaksanakan SKD 5 sesi dalam sehari dan diikuti oleh 500 peserta per harinya. Di ruang monitoring tersebut, dia juga dapat melihat hasil tes dari para peserta.

Hasil ini sama dengan apa yang disajikan di tempat tunggu. Disitu tertera nama peserta, nilai tiap materi tes dan juga nilai keseluruhan.

Selain itu, dia melihat proses verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan untuk pelamar dari SMA/DIII Kementerian Hukum dan HAM di Taman Budaya Art Center Denpasar.

Asman juga tak lupa memberikan semangat kepada para peserta yang lain untuk terus belajar menghadapi tes CAT. "Latihan dan belajar terus," ujarnya.

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up