JawaPos Radar

Menteri PAN-RB Jamin Seleksi CPNS Bebas Calo

11/07/2017, 18:52 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Menteri PAN-RB Jamin Seleksi CPNS Bebas Calo
Menpan RB Asman Abnur (Istimewa/Dok Kemen PAN RB)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menjamin seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bebas kecurangan. Pembukaan CPNS dikhususkan untuk mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Menteri PAN-RB Asman Abnur menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya. Dia menjamin selama proses tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, perserta akan langsung mengetahui nilainya.

"Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” tegasnya dalam konferensi pers, Selasa (11/7).

Asman menegaskan seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB), sehingga prosesnya cukup ketat," paparnya.

Kementerian PAN-RB menegaskan formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang. Formasi itu terdiri dari 1.684 CPNS untuk  Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM. Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui  https://sscn.bkn.go.id  pada tanggal 1–31 Agustus. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up