alexametrics

Bocah Tunanetra Penghafal Alquran Dites Wapres Baca Surah Yusuf

Fahrul dan Keluarga akan Diumrahkan
11 Februari 2019, 12:23:15 WIB

JawaPos.com – Nama Fahrul Rasyid Amin, bocah dari Dusun Palapi, Desa Lamba-Lamba, Kecamatan Panggale, Kabupaten Mamuju Tengah, saat ini menjadi sorotan. Betapa tidak, dengan kondisinya yang tunanetra, dia sudah hafal 30 juz Alquran.

Fahrul diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) secara khusus di rumah dinas di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, kemarin (10/2). Di depan JK, anak pasangan Muhammad Amin dan Surapati itu unjuk kemampuan melantunkan surah An-Naba hingga beberapa ayat. Kemudian, JK sempat menugasi Fahrul membaca surah Yusuf dan Yasin.

JK kagum dan terpesona dengan kemampuan menghafal Alquran bocah 12 tahun tersebut.

Bocah Tunanetra Penghafal Alquran Dites Wapres Baca Surah Yusuf
Pertemuan Wapres Jusuf Kalla dengan Fahrul Amin anak hafidz dan penyandang tunanetra di rumah dinas Wapres (10/2). (Setwapres for Jawa Pos)

“Anak yang dapat hidayah bisa begitu. Secara ilmiah, kan tidak bisa dijelaskan bagaimana anak yang hanya mendengar bisa hafal 30 juz hanya dalam 1 tahun lebih,” tutur JK.

Dia mengatakan, menghafal Alquran tentu tidak gampang. Sebab, yang dihafalkan bukan bahasa sehari-hari, melainkan bahasa Arab.

Setelah diterima Wapres JK, Muhammad Amin menceritakan bahwa anak keduanya itu belajar menghafal Alquran sendiri. “Tidak dengan guru atau ustad,” katanya. Setiap hari Fahrul mendengarkan Alquran melalui handphone. Kegiatan itu dia lakukan terus sambil menghafalnya.

Sebelumnya, Jumat (8/2), Fahrul dan keluarganya diterima Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin. Dari pertemuan tersebut, rencananya, Fahrul dan keluarganya diumrahkan. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (wan/c11/git)

Bocah Tunanetra Penghafal Alquran Dites Wapres Baca Surah Yusuf