Segini Formasi untuk Guru dan Tenaga Kesehatan Honorer di CPNS 2018

10/09/2018, 15:03 WIB | Editor: Estu Suryowati
ILUSTRASI. Website penerimaan CPNS belum dapat diakses karena belum ada lembaga meng-input data formasinya. (Bagas Bimantara/Radar Madiun/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melalui jalur umum dan khusus. Kategori jalur khusus ini antara lain lulusan terbaik, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olah ragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan honorer kategori 2 (K2).

Menteri PAN-RB Syafruddin mengatakan, pihaknya menyediakan 13.347 formasi untuk tenaga honorer kategori 2 ini. Formasi yang disediakan terdiri dari 12.883 untuk tenaga guru dan 464 formasi untuk tenaga kesehatan.

"Bagi yang memenuhi persyaratan untuk menjadi CPNS, silakan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi," ujar Syafruddin di Jakarta, Senin (10/8).

Menurutnya, pemerintah sejatinya sudah memberikan perhatian yang sangat besar bagi tenaga honorer. Tercatat, hingga 2014, pihaknya sudah mengangkat lebih dari 1,1 juta tenaga honorer menjadi PNS atau sekitar 25,6 persen dari total jumlah PNS yang sebesar 4,3 juta lebih.

Dari jumlah tersebut, 900.000 tenaga berasal dari THK I dan 195.000 dari THK II. "Secara de jure, persoalan honorer ini sebenarnya sudah selesai. Sesuai dengan PP 56 Tahun 2012, pemerintah telah memberikan kesempatan terakhir kepada THK II untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013," tutur dia.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bagi tenaga honorer yang belum memenuhi syarat CPNS, Syafruddin menjamin mereka akan bisa mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kepada tenaga honorer K2 yang tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, tidak usah kecil hati. Nanti dapat mengikuti seleksi sebagai PPPK, setelah PP-nya ditetapkan pemerintah," pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi