JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sesuai SOP, Pencarian Korban Gempa Sulteng Tidak Dilanjutkan

08 Oktober 2018, 18:24:36 WIB | Editor: Ilham Safutra
Sesuai SOP, Pencarian Korban Gempa Sulteng Tidak Dilanjutkan
Prajurit TNI yang tergabung dalam Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah korban gempa Palu, Sulteng. (Saipul Anwar/Kaltim Post/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan pencarian korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) tidak dilanjutkan setelah Kamis (11/10). Untuk itu, tim SAR gabungan akan memaksimalkan sisa waktu tiga hari ke depan.

Kepala BNPB Willem Rampangilei menuturkan, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Badan SAR Nasional (Basarnas), pencarian korban hanya berlangsung tujuh hari. Jika dilihat dari hari ini, maka sudah ada penambahan empat hari. Lalu ditambah lagi tiga hari berikutnya hingga Kamis mendatang.

"Kalau tanggal 11 berarti sudah 14 hari,” ujar Willem Rampangilei di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (8/10).

Sesuai SOP, Pencarian Korban Gempa Sulteng Tidak Dilanjutkan
Petugas melihat lokasi tanah yang bergeser di Donggala, Sulteng. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Pertimbangan lainnnya, imbuh Willem, para rentang waktu yang 14 hari korban sudah dipastikan meninggal dunia. Jika dapat diselamatkan, maka kondisinya sudah tidak utuh. "Jenazah itu sudah sulit diidentifikasi, sudah rusak,” sebutnya.

Tidak hanya itu, faktor lainnya penghentian pencarian korban setelah hari ke-14 yakni kondisi jenazah sudah terkubur lama. Parahnya lagi jenazah itu dipastikan telah menularkan penyakit. “Kondisi itu akan membahayakan orang yang hidup," tegas purnawirawan perwira tinggi TNI AL itu.

Jika pencarian korban tidak dilanjutkan setelah Kamis mendatang, sementara masa tanggap darurat bisa diperpanjang. Hal itu tergantung keputusan dari tokoh masyarakat dan pemerintah daerah (pemda) setempat.

"Saya minta kepada pemda agar masyarakatnya berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat. Mau diapakan dengan situasi seperti ini. Dari dialog itu nanti masyarakat akan mengusulkan keputusan kepada pemda. Dan pemda yang mengambil keputusan," pungkas mantan Komandan Satuan Ranjau Koarmatim TNI AL itu.

(yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Gempa Donggala: Dari Tambu Naik ke Sirenja 08 Oktober 2018, 18:24:36 WIB
Jenazah Ardi Kurniawan Dipulangkan ke Batu 08 Oktober 2018, 18:24:36 WIB
Peraih Emas SEA Games Tewas dalam Gempa Sulteng 08 Oktober 2018, 18:24:36 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up