alexametrics

Kadin Nillai Investasi Pertanian Kementan Sudah Tepat

8 Februari 2019, 06:05:46 WIB

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi catatan kerja sektor pertanian terkait investasi. Saat ini, sektor pertanian dianggap semakin membaik.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, tumbuhnya investasi akan berpengaruh positif terhadap ekonomi negara. Dorongan tumbuhnya investasi itu salah satu sasarannya adalah pertanian.

“Investasi (pertanian) ini menjadi salah satu pegangan pemerintah supaya perekonomian naik. Harapannya lebih dari 5 persen. Untuk 2019 kan pemerintah sudah menargetkan minimal 5,3 persen,” kata Rosan.

Data Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, sejak 2013 sampai 2018, angka investasi pertanian melejit mencapai 110,2 persen. Pada 2018 angka investasi pertanian yang tertinggi dengan jumlah capaian Rp 61,6 triliun.

Dari data tersebut, jumlah seluruh nilai investasi pertanian dari 2013 hingga 2018 mencapai Rp 270 triliun. Dalam hal ini Mentan Amran Sulaiman menegaskan, pihaknya juga telah mencabut 291 regulasi yang dianggap dapat menggagalkan investasi pertanian.

Hal tersebut berdampak pada kemudahan sistem perizinan investasi pertanian di Indonesia. Dulu prosesnya berlangsung bulanan, kini hanya hitungan jam.

Sementara itu, Rosan kembali menuturkan, kerja Kementan untuk investasi sudah tepat. “Sebab bukan hanya jumlah angka investasi yang dikejar, tapi juga kemudahan perizinannya,” ucap Rosan.

Terkait aspek perizinan investasi pertanian juga menjadi sorotan Kadin. Hampir setiap pekan, kata Rosan, Kadin Indonesia selalu berdiskusi dengan para pelaku usaha membahasa izin investasi yang salah satunya di sektor pertanian.

Hal lainnya, Rosan mengimbau, pelaku usaha di daerah maupun pemerintahannya juga turut mendukung upaya Kementan guna meningkatkan nilai investasi pertanian agar menumbuhkan geliat ekonomi.

“Pengusaha di daerah harus ikut berkontribusi soal investasi pertanian. Jangan hanya mengandalkan pusat dan kota besar. Sehingga mewujudkan kedaulatan pangan,” ujar Rosan.

Oleh sebab itu, menurut Rosan, masyarakat dan pemerintahnya patut bersikap ramah terhadap datangnya investasi, termasuk di sektor pertanian, karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan kesejahteraan.

Editor : Yusuf Asyari

Copy Editor :

Kadin Nillai Investasi Pertanian Kementan Sudah Tepat