alexametrics

Profesi Ini Tak Dapat Tambahan Cuti Lebaran

7 Mei 2018, 13:31:53 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah menetapkan cuti Lebaran selama 10 hari. Sayangnya, tambahan libur Lebaran ini tak berlaku bagi pekerja di sektor pelayanan publik.

Pemerintah tetap meminta pekerja di pelayanan publik tetap melayani masyarakat selama 24 jam. Namun, pekerja secara bergantian dan jam kerja hanya 6 jam per hari.

“Cuti untuk Satpol PP dibagi, jadi ganti-gantian tugasnya. Damkar (pemadam kebakaran) juga sama. Puskesmas juga jadi Petugas Dukcapil yang biasanya kerja 24 jam, mungkin bisa hanya 6 jam saja,” ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di kantor Kemenko PMK, Senin (7/5).

Dalam hal bertugas, lanjutnya, para pekerja di dinas kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) akan dibagi masing-masing ke dalam jam kerja. Sebab, bagian pendataan tidak dapat ditunda begitu saja.

Tjahjo menegaskan tugas yang diemban petugas dukcapil menjadi penting. Sebab, harus masih melakukan proses data kependudukan warga termasuk pembuatan e-KTP walaupun hari besar.

“Hak cuti bersama itu pada saat ditugaskan di pelayanan publik tidak mengurangi hak cutinya. Cuti bisa diambil di hari lain surat edaran pun segera kami siapkan ke pihak terkait,” tuturnya.

Sebelumnya, telah ditandatangani Surat Kesepakatan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang cuti bersama tanggal 11, 12, dan 20 Juni 2018. Menko PMK, Puan Maharani menyampaikan, ada delapan poin teknis yang akan ditindaklanjuti kementerian/lembaga terkait.

Terkait pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah pun mengoptimalkan pelayanan publik yang akan tetap berjalan seperti biasa seperti Rumah Sakit, Telekomunikasi, Listrik, Air Minum, Pemadam Kebakaran, Keamanan & Ketertiban, Perbankan, Imigrasi, Bea Cukai, Perhubungan, dan lain sebagainya

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Profesi Ini Tak Dapat Tambahan Cuti Lebaran