JawaPos Radar

Ini Daftar Dirut BUMN Energi yang Peluang Masuk Kotak ?

06/11/2015, 09:48 WIB | Editor: idham
Ini Daftar Dirut BUMN Energi yang  Peluang Masuk Kotak ?
ilustrasi (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Desakan reshufle kabinet menteri jilid II, jangan hanya tersita dengan kinerja menteri‎. Presiden Joko Widodo harus melirik kinerja para bos BUMN.

"Presiden harus mengganti direksi BUMN yang salah tempat. The right man in the wrong place, ini harus diperhatikan presiden. Menyelesaikan masalah bangsa ini tidak boleh parsial, harus secara kompeherensif," tukas Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI) Ferdinand Hutahean di Jakarta, Jumat (6/11).

Ia menyoroti  beberapa BUMN di bidang energi seperti Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

"Misal Dirut Pertamina Dwi Sucipto (DS) adalah salah satu yang masuk kategori salah tempat," ucap Ferdinand.

Menurutnya, ‎DS memiliki kapasitas management tapi tidak mampu mengangkat performa Pertamina karena tidak paham seluk beluk minyak dan gas. 

"Semestinya DS ini lebih tepat diangkat menjadi menteri yang lebih cocok dengan kapasitasnya. Ada banyak yang mampu dengan kapasitas bagus seperti mantan direktur niaga Hanung B atau A Bambang. Kemampuan dan pengalaman harus jadi pertimbangan utama," beber Ferdinand.‎

‎Selanjutnya, Dirut PT PLN Sofyan Basyir juga adalah contoh yang sama, SB boleh sukses di sektor keuangan tapi gagal mengurus sektor energi seperti PLN. 

"Jangan tempatkan ekonom mengurus teknologi karena pasti akan salah arah, dan sekarang PLN tidak jelas arah dan konsepnya terkait pembangunan 35 GW,"sindir dia.‎

Terakhir, ‎Dirut PT. PGN Hendi sudah gagal membawa PGN untuk bangkit.  Terbukti PGN merosot nilai sahamnya dan terjadi penurunan pendapatan yang sangat tajam. "‎Hendi juga layak diganti segera," tegas dia.(hyt/JPG)‎

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up