Catat! Ini Jadwal Dan Formasi Lengkap Penerimaan CPNS 2018

06/09/2018, 21:35 WIB | Editor: Imam Solehudin
Ilustrasi PNS. Kementerian PANRB memastikan jika pembukaan CPNS 2018 mulai dilaksanakan pekan kedua Minggu ini. (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dimulai. Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Syafruddin mengatakan pendaftaraan direncanakan mulai bulan September 2018.

Tahapan awal seperti pengumuman, pendaftaran dan verifikasi administrasi dilaksanakan pada minggu kedua September, sampai dengan minggu kedua Oktober 2018. Kemudian dilanjut dengan seleksi terhadap CPNS pada minggu ketiga Oktober 2018.

Ujiannya meliputi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Pada akhir November 2018 hasil tersebut akan diumumkan. Dan langsung diberkaskan pada Desember 2018.

Oleh karena itu Syafruddin meminta masyarakat memantau informasi mengenai rekruitmen CPNS ini melalui situs resmi KemenPANRB yakni menpan.go.id, atau situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) di sscn.bkn.go.id.

“Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang,” ujarnya di komplek Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (6/9).

Kuota CPNS Tahun ini direncanakan akan dibuka untuk 238.015 formasi. Rinciannya yakni 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat dan 186.744 formasi untuk 525 instansi Pemerintah Daerah (Pemda).

Di Pemerintah Pusat sendiri terdiri dari jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten atau Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Sedangkan untuk instansi Pemda terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi, guru agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan seperti dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis sebanyak 60.315 formasi, serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

“Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang, antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita,” lanjut Syafruddin.

Sementara itu untuk formasi khusus CPNS Tahun 2018 terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra atau putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional.

Termasuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II, jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Syafruddin menuturkan, syarat umum bagi pelamar CPNS tetap berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara online oleh panitia seleksi nasional di bawah pengawasan BKN.

"Calon pelamar pun hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan," jelas dia.

Lebih jauh mantan Wakapolri itu menegaskan bahwa penerimaan CPNS tahun ini bersamaan dengan perubahan era industri 4.0. Hal itu dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputerisasi dan jejaring dalam proses fisik.

“Karena itu, untuk menghadapi tantangan dan mengantisipasi perubahan tersebut, kita harus mempersiapkan SDM aparatur berkelas dunia yang berintegritas," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi