JawaPos Radar

Tim Ekspedisi Garuda Muda, 4 Pelajar Ini Siap Taklukan Puncak Elbrus

06/08/2018, 23:48 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Tim Ekspedisi Garuda Muda
Empat anak SMA 68 Jakarta yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Garuda Muda saat berdiskusi dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Ist/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menerima Tim Ekspedisi Garuda Muda di kantornya, Jalan Veteran, Jakarta Pusat pada Selasa besok (7/8) pukul 15.00 WIB. Itu disampaikan Manajer Pendakian Dar Edi Yoga, Senin, (6/8).

Kurang dari sepekan lagi, Tim Ekspedisi Garuda Muda yang di dalamnya ada empat pelajar SMA Negeri 68 Jakarta akan bertolak ke Rusia. Tepatnya, 12 Agustus 2018 jadwal Geas Aldino, Ryan Muhammad Azizulfiqar,  Salsa Khusnus Solekhani, dan Timothy Jonathan bertolak dari Jakarta.

Mereka membawa misi pengibaran merah putih di salah satu atap tertinggi dunia yang termasuk Seven Summits, Elbrus (5.642 mdpl),  
yang terletak di sebelah barat Pegunungan Kaukasus Utara, di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia wilayah Federasi Rusia, berkisar 20 kilometer dari perbatasan Georgia. 

"Misi para pelajar ini untuk memberikan kado terindah bagi HUT ke-73 dengan mengibarkan merah putih tepat pada 17 Agustus dan juga memperkenalkan kain tenun ke dunia internasional," terang Yoga dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.  

Dalam pendakian Elbrus, sambung Yoga, mereka akan didampingi pendaki tuna daksa asal Solo yang sudah diakui kemampuan pendakiannya Sabar Gorky dan jurnalis perempuan RMOL (JawaPos Group), Widya Victoria.  

"Persiapan fisik dan stamina terus dimatangkan tim sejak tahun lalu. Termasuk latihan di beberapa gunung di antaranya Gede-Pangrango, Cikuray, dan Salak," ujar Yoga.

Sementara Promotor Pendakian Tim Garuda Muda Teguh Santosa mengatakan, saat ini semangat nasionalisme di kalangan anak muda, khususnya pelajar, mulai diragukan. Terlebih di era serba teknologi seperti sekarang.

"Ketika remaja tidak memiliki rasa nasionalisme terhadap bangsanya, masalah-masalah yang telah terjadi saat ini akan terus berlanjut di masa depan, bahkan mungkin kian memburuk," ujar Teguh. 

Melalui kegiatan ini, kata Teguh, selain menjadi kesempatan para pelajar menjajal gunung es juga tak kalah penting diharapkan bisa menyadarkan tanggung jawabnya sebagai penerus bangsa.  

Diketahui, sebelumnya tim audiensi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di kantor Balai Kota Jakarta pada 12 Juli lalu.

(jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up