JawaPos Radar

Penting Dibaca Kepala Daerah, Imbauan BNPB soal Mitigasi Bencana

06/03/2018, 02:10 WIB | Editor: Imam Solehudin
BNPB
Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho ketika menjelaskan ihwal karhutla di kantornya (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia secara geografis dan geologis dikelilingi 'cincin api'. Inilah yang membuat sejumlah daerah di Indonesia kerap mengalami bencana gempa tektonik, erupsi gunung api, longsor hingga puting beliung.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Indonesia minim dalam budaya sadar bencana. Seharusnya masyarakat memiliki sikap siap terhadap bencana yang datang.

"Sebagian besar, pengetahuan masyarakat Jabodetabek tidak tahu daerahnya rawan gempa.

Masih minim pengetahuannya. Apalagi menjadi sikap dan perilaku sehari-hari," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada JawaPos.com, Senin (5/3).

Minimnya pengetahuan, kata Sutopo, berimbas pada ketidaktahuan melakukan penyelamatan diri saat gempa atau bencana. Apalagi bencana gempa, sering sekali dikaitkan dengan hal-hal di sekitar masyarakat.

"Harus sadar yang di sekitar kita berbahaya atau tidak. Bangunannya tahan gempa tidak, perabotan rumah atau barang-barang mudah jatuh karena gempa. Ini harus ada latihan rutin evakuasi gempa," jelas Sutopo.

Sutopo melihat minimnya pengetahuan akan gempa seringkali karena jarang adanya sosialisasi, latihan, pendidikan.

"Pemerintah Daerah harus menempatkan mitigasi bencana gempa sebagai program pembangunan dan dilakukan rutin setiap tahun," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up