alexametrics

NH Dini, Ibu Superbangga Denganku

5 Desember 2018, 12:58:36 WIB

JawaPos.com – Sastrawawn Nh. Dini memiliki putra yang mewarisi bakat seninya, Pierre Louis-Padang Coffin. Dia memilih berkarir sebagai sutradara sekaligus animator.

Sama seperti sang ibu, karyanya ikonik. Coffin merupakan kreator, sutradara, sekaligus animator di balik Despicable Me. Pria kelahiran 15 Maret 1967 itu juga ikut mengisi suara para Minion -makhluk kuning jenaka yang punya bahasa unik.

Dalam karyanya, Coffin punya dua ciri khas: jenaka dan penuh warna. Padahal, pria berkebangsaan Prancis tersebut mengaku tidak punya bakat melawak. Dia mengenang, sang ayah Yves Coffin, diplomat Prancis, dan ibunya adalah sosok yang jauh dari kata humoris.

“Diplomat itu bukan seseorang yang terlalu lucu, sementara ibuku adalah pencerita yang kurang seru. Ceritanya adalah biografi tentang kehidupannya di Indonesia selama zaman penjajahan Belanda,” kata alumnus Gobelins, L’Ecole de L’Image, tersebut dalam wawancara dengan The Guardians pada 2015.

Meski tidak punya “darah” komedi, Coffin tetap sukses. Despicable Me jadi franchise film kartun paling menjanjikan. Ayah dua anak itu menceritakan, sang ibu sangat bungah atas capaiannya. “Ibuku adalah seorang seniman. Jadi, dia bisa merasakan beratnya mencapai mimpi. Dia superbangga denganku,” ungkapnya.

Reaksi tersebut berbeda dengan respons sang ayah yang tidak mendukungnya berkarir di bidang animasi dan perfilman. “Buatnya, hal ini tidak serius. Dia tidak pernah mendukung, apalagi membantuku,” ucap Coffin.

Meski dekat, pria yang berkarir sejak 1993 itu mengaku belum pernah membaca karya sang ibu. Sebab, karya Dini belum pernah diterjemahkan dalam bahasa Prancis. Dia sebatas tahu dari sahabat sang ibu. “Tentu saya sangat bangga. Tapi juga malu. Karena ternyata dia banyak menulis tentang kami sebagai keluarganya,” kata Coffin ketika diwawancarai untuk VOA Indonesia lima tahun silam. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (The Guardian/VOA Indonesia/fam/c9/ttg)

NH Dini, Ibu Superbangga Denganku