JawaPos Radar

Tarian Lagu Gemu Famire Sabet Rekor MURI, Pencipta: Saya Hampir Nangis

04/09/2018, 10:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Tarian Lagu Gemu Famire Sabet Rekor MURI, Pencipta: Saya Hampir Nangis
Frans Cornelis Dian Bunda adalah seorang kreatif yang menciptakan lagu Gemu Famire. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Lagu Gemu Famire atau yang lebih dikenal Maumere dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak didengar masyarakat luas. Lagu tersebut telah ditarikan oleh TNI dan elemen masyarakat lain dengan jumlah peserta hampir 400 ribu orang.

Tarian dengan lagu Gemu Famire ini pun menyabet rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Namun masih banyak yang tidak tahu pencipta lagu tersebut.

Pria asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Frans Cornelis Dian Bunda adalah seorang kreatif yang menciptakan lagu tersebut. Dia adalah guru di SMK Yohanes 23 Maumere.

Menyaksikan langsung saat karyanya dihadiahi rekor MURI, Frans mengaku begitu terharu. Bahkan matanya sempat berkaca-kaca hampir meneteskan air mata.

"Mewakili tanah kelahiran dan mewakili teman-teman musisi, saya ucapkan terima kasih yang begitu luar biasa. Saya hampir nangis. Rasanya ucapan terima kasih saja tidak cukup," ujar Frans di Mebes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/9).

Frans menilai pemecahan rekor dunia ini sebagai bukti kepedulian TNI terhadap budaya Indonesia. Sekaligus memperhatikan rakyat kecil yang tinggal di daerah.

"Ini satu bukti TNI peduli karya anak bangsa. TNI peduli dengan rakyat di kampung," imbuhnya.

Sementara itu Ketua MURI Jaya Suprana begitu mengapresiasi raihan prestasi anak bangsa ini. Menurutnya langkah ini bagian dari pengembangan budaya Indonesia agar semakin dikenal.

"Ini bukan hanya melestarikan, bukan hanya menjungjung tinggi, tapi mengembangkan budaya nusantara," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up