alexametrics

Prabowo: Bu Ani Istri Prajurit yang Hebat

4 Juni 2019, 12:06:40 WIB

JawaPos.com – Sehari setelah pemakaman Ani Yudhoyono, kerabat serta kolega keluarga Yudhoyono masih terus berdatangan di Puri Cikeas, Bogor. Salah satunya adalah calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto. Prabowo menyambangi kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa saat setelah mendarat dari luar negeri.

Prabowo tiba di Puri Cikeas pukul 16.10. Mengenakan kemeja putih lengan panjang, ketua umum (Ketum) Partai Gerindra itu langsung masuk ke rumah utama dan disambut SBY yang berdiri di beranda. Setelah bersalaman dan saling sapa, kedua purnawirawan jenderal TNI itu masuk ke rumah. Sekitar satu jam kemudian, Prabowo dan SBY keluar.

Sebelum berpamitan, Prabowo mengatakan bahwa kedatangannya untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhoyono. Ani meninggal pada Sabtu siang (1/6) di National University Hospital (NUH) Singapura setelah empat bulan berjuang melawan penyakit kanker darah.

Prabowo menyebut dirinya baru bisa menyambangi rumah SBY lantaran berada di Eropa beberapa hari lalu. Di Eropa, Prabowo menjalani medical checkup atas gejala cedera yang kambuh pascakampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. “Jadi, saya minta maaf,” terang mantan komandan jenderal (Danjen) Kopassus itu.

Capres 02 Prabowo Subianto menemui Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Prabowo untuk menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhoyono, istri SBY. Dia memberi dukungan kepada SBY agar tetap tabah dan sabar. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

Prabowo merasakan kesedihan mendalam atas wafatnya Ani Yudhoyono. Bagi Prabowo, sebagai putri Letjen (pur) Sarwo Edhi Wibowo, Ani adalah sosok perempuan sekaligus istri prajurit yang hebat. Prabowo mengenal Ani dan keluarga Sarwo Edhi sejak remaja atau saat menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu sejatinya sempat menjenguk Ani ketika sedang menjalani perawatan di NUH Singapura. Dia pun berencana menjenguk kembali. Namun, kala itu dia mendengar kondisi Ani membaik. “Jadi, saya menunda (menjenguk Ani di Singapura, Red), ternyata terlambat,” ungkap menantu Presiden Ke-2 RI Soeharto itu.

Prabowo bisa merasakan rasa kehilangan yang dialami SBY. Karena itu, kedatangannya ke Puri Cikeas adalah bentuk dukungan moril kepada presiden ke-6 RI tersebut. Dukungan itu diberikan sebagai pribadi. Tanpa urusan politik atau kepentingan apa pun. “Pasti Pak SBY sangat kehilangan, kita sekarang memberikan dukung moril sebagai pribadi,” tuturnya.

Sementara itu, SBY yang mendampingi Prabowo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Tidak terkecuali kepada Prabowo yang datang ke rumahnya. Sebelum masuk ke rumah, dia menyampaikan terima kasih kepada awak media. “Terima kasih, terima kasih,” ujarnya sambil menangkupkan kedua tangan.

SBY bersama keluarga besar Yudhoyono rencananya beristirahat di Puri Cikeas selama beberapa hari. Di kompleks perumahan itu akan digelar sejumlah kegiatan. Salah satunya tahlilan bersama untuk Ani Yudhoyono.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (tyo/c10/oni)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua