JawaPos Radar

Asian Games 2018

Tak Hanya Diangkat Jadi PNS, Peraih Medali Emas Bisa Kuliah Gratis

Bonus pun Rp 1,5 Miliar

03/09/2018, 16:37 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tak Hanya Diangkat Jadi PNS, Peraih Medali Emas Bisa Kuliah Gratis
Closing ceremony Asian Games 2018. Atlet penerima medali emas mendapat beasiswa berupa kuliah gratis di IPB. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Atlet Indonesia yang berjuang di Asian Games 2018 benar-benar mendapat apresiasi dari bangsa. Mereka selain mendapatkan bonus dan diangkat jadi PNS atas perolehan medalinya, juga bisa bisa kuliah gratis.

Para peraih medali emas itu mendapat "karpet merah" jika ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, maka dari Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan kesempatan padanya secara gratis.

Rektor IPB Arif Satria menyebut, penghargaan berupa bonus yang saat ini diberikan pemerintah sangat penting untuk menjamin kesejahteraan para atlet. Dana itu bisa digunakan untuk kebutuhan mereka semasa hidupnya mendatang.

"Dengan bonus tersebut para atlet bisa memiliki tempat tinggal dan mungkin juga merintis usaha untuk jaminan hari tua,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (3/9).

Sementara bagi yang ingin melanjutkan studi tingkat S2, IPB pun memberikan beasiswa berupa pembebasan biaya SPP selama atlet melangsungkan kegiatan belajar.

Di samping itu, jaminan kelanjutan pendidikan tidak kalah penting. Pasalnya, bidang non-olahraga juga harus dikembangkan karena akan berdampak untuk jangka panjang.

"Yang harus diberikan adalah jaminan kelanjutan pendidikan agar para atlet dapat memasuki dunia kerja dengan mengandalkan profesionalitasnya di bidang non-olahraga. Dengan demikian penghargaan yang diberikan kepada mereka tidak hanya bersifat jangka pendek tetapi juga jangka panjang," tutur Arif.

Oleh karena itu, Arif mempersilakan para peraih medali emas yang berminat agar datang ke IPB. Mereka sudah bisa berkonsultasi untuk memilih jurusan dan memulai studinya.

"Untuk merealisasikan hal itu para atlet yang berminat dapat menghubungi dan berkonsultasi pada Dekan Sekolah Pascasarjana IPB,” pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up