Formasi Penerimaan CPNS Hampir Rampung, Begini Tips Hadapi Seleksinya

03/09/2018, 19:58 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ilustrasi: bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS perlu memahami tipsnya agar lebih siap. (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Formasi CPNS untuk penerimaan periode 2018 hampir rampung. Dalam waktu dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengumumkan jadwal pendaftarannya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi diminta untuk menyiapkan diri lebih lebih awal dan memahami kiatnya.

Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Mudzakir menyebut beberapa tips yang harus diperlukan bagi calon peserta seleksi CPNS.

Pertama, menyiapkan segala kebutuhan mendasar yang nantinya akan diperlukan, termasuk kesehatan. Disebutkannya, kesehatan merupakan materi seleksi yang harus diperhatikan. Setelah itu pendaftar juga akan mengkuit melalui seleksi kompetensi bidang.

Ilustrasi: bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS perlu memahami tipsnya agar lebih siap. (Banten Raya/Jawa Pos Group)

“Tidak kalah penting lagi, pantau terus portal KemenPAN-RB dan BKN (Badan Kepegawaian Negara). Persiapkan adminitrasi selengkapnya. Jaga kesehatan,” jelas dia.

Diketahui, tahapan seleksi CPNS dari pendaftaran hingga pengumuman lolos memakan waktu sekitar tiga bulan. “Nanti ada pengumuman lowongan, ada seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang,” sebutnya.

Hingga kini semua persiapan itu masih terus digodok oleh tim dari KemenPANRB. Bahkan hampir final. Jika semua persiapan itu sudah matang, maka jadwal pendaftarannya dan formasinya akan diumumkan. "Setelah formasi CPNS ditentukan. Tunggu ya infonya. Sudah sangat mendekati final, secepatnya," tandas Mudzakir.

Pada berita sebelumnya disebutkan pada seleksi CPNS 2018 ini akan lebih memprioritaskan formasi untuk guru, tenaga pendidikan, dan tenaga kesehatan. Penerimaan CPNS ini untuk mengisi sejumlah posisi yang ditinggalkan oleh PNS yang memasuki masa pensiun. Jumlah PNS pensiun itu mencapai 220.000 orang.

Tidak kalah penting lagi, pengisian formasi CPNS tahun ini disesuaikan dengan kebutuhan tingkat beban kerja dari masing-masing Kementerian/Lembaga maupun daerah.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi