JawaPos Radar

Kawal Jamaah Haji, Kemenag Pastikan Tambah Personil TNI Polri

03/07/2016, 07:31 WIB | Editor: admin
Kawal Jamaah Haji, Kemenag Pastikan Tambah Personil TNI Polri
Ilustrasi (dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Selain menempatkan PPIH di setiap pemondokan jamaah, Kementerian Agama (Kemenag) pada musim haji tahun ini juga turut menambah jumlah personel petugas dari TNI dan Polri. Di Makkah, mereka akan ditempatkan di sektor khusus yang memerlukan penanganan khusus.

Seperti di Masjidil Haram atau saat operasi Arafah-Mina. Penambahan personil militer itu dilatarbelakangi oleh insiden jatuhnya crane dan terinjak-injaknya jamaah haji di mina hingga memakan korban.  

”Mereka akan menjadi petugas inti dalam mengelola operasional Armina,” ujarnya.

Tahun ini, Kemenag telah mengirim 826 petugas PPIH non kloter, yang terdiri dari 520 orang dari Kemenag dan 306 dari Kemenkes. Seluruh petugas direkrut berdasarkan tes dan pengalaman yang telah diperlihatkan ketika menjadi petugas tahun sebelumnya.

Selain pengaturan PPIH, Menag juga bertemu dengan menteri haji Saudi untuk membicarakan persiapan haji tahun ini. Menag ingin memastikan, penyelenggaraan visa jamaah haji bisa dilakukan dengan baik.

Sehingga, insiden keterlambatan visa tahun lalu tidak terulang.
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menambahkan, keterlambatan tahun lalu datang bukan dari pihak Indonesia.

Melainkan, ketidaksiapan e-hajj Saudi yang memang baru pertama digunakan.

”Ini tahun kedua, tentu kita harapkan bisa lancar. Saat ini, paspor calon jamaah sudah berangsur dikirim ke Jakarta bagi yang sudah melakukan pelunasan,” ungkapnya ditemui dalam kesempatan sama.

Menag bertolak ke Saudi pada Sabtu pekan lalu untuk mengecek langsung persiapan akhir penyelenggaraan ibadah haji. Baik di Makkah maupun Madinah. Ikut mendampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis. (mia/ttg/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up