alexametrics

Alasan Pertamina Soal Lambatnya Distribusi BBM ke Palu dan Donggala

2 Oktober 2018, 14:18:55 WIB

JawaPos.com – Bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu serta Donggala tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bahkan, muncul meme-meme yang menyindir pemerintah soal lambatnya bantuan yang masuk.

Malahan, baru-baru ini marak informasi soal penjarahan dari para korban gempa ke sejumlah minimarket, ATM, bahkan juga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Khusus soal SPBU, PT Pertamina (Persero) tengah disorot. Kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) dianggap tidak mampu dipenuhi lantaran lambatnya distribusi.

Menanggapi hal itu, VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengungkapkan, lambatnya distribusi disebabkan karena akses jalan menuju Palu dan Donggala banyak mengalami kerusakan dan sulit ditempuh.

“Disana jalannya kecil-kecil dan gunung-gunung. Jaraknya 250 km dari Poso. Kita masih kirim terus,” ujarnya saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (2/10).

Selain itu, lanjutnya, banyak terminal BBM perseoran yang mengalami kerusakan. Hal itu juga menyulitkan pihaknya mendistribusikan BBM meskipun sudah tersedia.

“Jadi kondisi itu Donggala itu terminal BBM Pertamina mengalami kerusakan. Ada tangki bergeser kena tsunami. Sekarang sudah bisa beroperasi minimal,” tuturnya.

Meski demikian, Adiatma menegaskan jika pihaknya terus melakukan upaya pendistribusian melalui beberapa jalur alternatif. Hingga pagi tadi, sudah 4 ribu liter BBM yang sudah tiba di Palu.

“Kita juga menggunakan pesawat udara dari Tarakan. Ini udah hari kedua sudah sampai Palu. Tarakan ke Palu 4000 liter. Dari Poso dan seterusnya tadi,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Alasan Pertamina Soal Lambatnya Distribusi BBM ke Palu dan Donggala