JawaPos Radar

Jack Ma dan Jokowi Sama-sama Punya Visi Berdayakan Kaum Milenial

02/09/2018, 11:59 WIB | Editor: Imam Solehudin
Jack Ma Indonesia
Presiden Joko Widodo dan pendiri Alibaba Group, Jack Ma. (Ist/Seskab)
Share this

JawaPos.com - Kedatangan Jack Ma ke Indonesia dinilai membawa dampak positif. Jack Ma dinilai sebagai pengusaha yang telah banyak menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia.

Kesuksesannya membangun Alibaba, salah satu situs e-commerce terbesar, membawanya menjadi orang terkaya nomor 2 di Tiongkok.

Menurut Aktivis 98, Taufan Hunneman, hadirnya Jack Ma ke Tanah Air bakal menstimulus ekosistem bisnis di kalangan generasi milenial.

Mereka ini terdiri dari tiga kategori. Generasi Y, yang berusia antara 16-36 tahun dgn populasi sebanyak 55.615.000 juta jiwa, dan Generasi Z yang berusia di bawah 16 dengann populasi sebanyak 23.966.000 juta jiwa.

"Mereka merupakan masa depan ekonomi bangsa ke depan. Saya mengapresiasi hadirnya Jack Ma. Ini juga kejelian Presiden Joko Widodo mengenai visinya memberdayakan ekonomi, dengan sasaran generasi milenial," ujar dia kepada JawaPos.com, Minggu (2/9).

Taufan menjelaskan, dalam 10 sampai 20 tahun ke depan, Indonesia harus mampu mengelola bonus demografi ini. Sehingga menjadi suatu benefit bagi momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi menaruh perhatian khusus akan masa depan generasi milineal ini sejak awal terpilih. Taufan memaparkan, eks Wali Kota Solo itu sudah fokus menciptakan spirit juga iklim yang baik bagi generasi milineal, agar bergerak menjadi entrepreneur.

"Hubungan dekat Jokowi dengan Jack Ma merupakan satu pemaknaan bahwa arah ekonomi kita untuk siap memasuki revolusi industri ke-4. Yakni ekonomi yang berbasis pada digital ekonomi dengan business model sharing economy," ungkap pria yang juga Sekjen Fornas Bhineka Tunggal Ika itu.

"Jack Ma orang terpenting di Asia sebagai pelopor industri digital di Asia, bukan saja Tiongkok," pungkas dia.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up