JawaPos Radar

India bakal Tiru Sistem Pemberangkatan Haji Indonesia

02/09/2018, 09:56 WIB | Editor: Imam Solehudin
Jamaah Haji 2018
Perwakilan petugas haji India berkunjung ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah, kemarin. (Firzan Syahroni/JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Kesuksesan penyelenggaraan haji Indonesia mendapat apresiasi dari negara-negara lain, termasuk India. Sabtu malam (1/9), perwakilan petugas haji India berkunjung ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah.

Mereka ingin belajar tentang pengelolaan dan manajemen penyelenggaraan haji.Delegasi dari India itu disambut Kepala Daerah Kerja (daker) Madinah Muhammad Khanif di ruang kerjanya.

Mereka menanyakan dan mempelajari sistem penyelenggaraan haji Indonesia. Menurut mereka, Indonesia berhasil menjalankan manajemen haji dengan baik. Padahal, jumlah jamaahnya jauh lebih banyak dari India.

"Jumlah jamaah kita terbesar di dunia, yakni 221 ribu orang. Sementara di India 175 ribu jamaah yang terdiri atas 135 ribu haji reguler dan 45 ribu haji khusus," kata Khanif.

Dia menjelaskan, sebetulnya Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan. Mulai dari sistem penyelenggaraan yang sama-sama 40-42 hari masa tinggal di Arab Saudi, hingga tempat pemondokan jamaah maupun petugas haji yang sama-sama memakai sistem sewa.

Yang berbeda hanya satu, yakni penentuan pemberangkatan jamaah. India, kata Khanif, menerapkan sistem undian pada pemberangkatan jamaah haji. Mereka yang namanya keluar saat diundi akan langsung diberangkatkan.

Sedangkan Indonesia menggunakan sistem bergantian, disesuaikan dengan nomor antrean pada awal pendaftaran. "Melihat sistem tersebut dianggap bagus, India tertarik, katanya tahun depan akan mencontoh dan mengubah model pemberangkatan jamaahnya," terang Khanif.

Delegasi India juga ingin meningkatkan kerja sama dalam urusan haji. "Mereka beranggapan bahwa kerja sama dalam berbagai hal ini perlu ditingkatkan, karena untuk kepentingan jamaah haji seluruh dunia," pungkas Khanif.

oni/jpk

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up