alexametrics

Warga Rela Tunda Mudik demi Ingin Saksikan Pemakaman Ani Yudhoyono

2 Juni 2019, 13:15:53 WIB

JawaPos.com – Meninggalnya Ani Yudhoyono meninggalkan luka mendalam bagi seluruh masyarakat Tanah Air. Begitu banyak kenangan yang ditinggalkan ibu negara presiden keenam Republik Indonesia itu.

Hal itu membuat warga ingin ikut menyaksikan prosesi pemakaman Ani Yudhoyono itu. Bahkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan terlihat banyak masyarakat. Mereka datang dari penjuru Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Atun, 52, warga Kalimalang, Jakarta Timur mengaku sengaja datang ke TMP Kalibata untuk mengantarkan Ani Yudhoyono ke tempat peristirahatan terakhir. Sebagai warga Purwerejo, Jawa Tengah, dia merasa sangat kehilangan sosok mantan Ibu Negara tersebut.

“Orangnya baik, kebetulan sama saya satu Kabupaten orang Purwerejo,” ucap Atun kepada JawaPos.com di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6).

Atun yang datang bersama kedua cucunya rela menunda jadwal mudik hari ini demi melihat prosesi pemakaman Ani. Dia mengaku seharusnya sudah pergi kampung halaman pada pagi tadi.

“Tadinya mau mudik tadi pagi. Terus enggak pulang dulu. Sengaja ke Kalibata kalau ke Cikeas jauh,” ungkap Atun.

Senada dengan Nurela, 40, warga Tebet, Jakarta Selatan. Dia datang bersama kedua anaknya dan ingin melihat prosesi pemakaman Ani Yudhoyono. Nurela menyebut, Ani adalah sosok Ibu Paud pertama.

PERSIAPAN PEMAKAMAN ANI YUDHOYONO (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

“Bu Ani itu kan ibu negara yang aktif ke kaum wanita. Ibu Paud pertama, kita berduka juga,” tutur Nurela.

Tiba-tiba Nurela mengeluarkan air mata saat di wawancarai JawaPos.com, dia menyebut mendiang Ani Yudhoyono merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat bawah. “Kebetulan pernah tinggal di dekat Ciekas. Keluarga bu Ani suka bagi-bagi santunan di Cikeas sana. Sosok yang dekat dengan masyarakat bawah,” ujar Nurela.

Nurela kemudian mendoakan pemilik nama lengkap Kristiani Herrawati itu agar amal ibadahnya diterima Tuhan Yang Mahaesa. “Merasa kehilangan banget sosok Ibu Ani. Semoga khusnul khatimah,” harap Nurela.

Sementara itu, Sigit Wibowo simpatisan Partai Demokrat wilayah Warakas, Jakarta Utara mengaku merasa kehilangan sosok Ani Yudhoyono. Dia menganggap Ani sebagai orang tua di Partai Demokrat. “Sosok Ibu Ani baik dan ramah ke ibuan. Sangat kehilangan,” ucap Sigit.

Sigit berharap keluarga besar SBY dapat diberikan ketabahan atas wafatnya Ani Yudhoyono. “Semoga Pak SBY dan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan,” harapnya.

Rencananya, Ani dimakamkan sekitar pukul 15.00 WIB di TMP Kalibata. Upacara pemakaman Ani akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua