JawaPos Radar

Bila Darurat, Polisi Siap Buka Jalur Kalingangsa

01/09/2017, 07:00 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Bila Darurat, Polisi Siap Buka Jalur Kalingangsa
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa saat melakukan pemantauan arus mudik (Istimewa/dok Korlantas)
Share this

JawaPos.com - Memasuki H-1 mudik Idul Adha, aparat kepolisian terus memaksimalkan pengamanan. Terlebih di jalur mudik yang terbentang dari Jakarta hingga Jawa Tengah.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa pada Kamis (31/8) ini meninjau langsung titik rawan macet di jalur selatan. Titik awal yang disinggahi yakni Pospol Lantas Gadog.

Di sana dia memantau strategi dari Kasatlantas Polres Bogor untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang menuju objek wisata puncak, Cipanas maupun Cianjur pada libur Iduladha besok.

Untuk mengatasi kepadatan itu, sistem buka tutup satu arah di puncak akan diberlakukan. Untuk dari arah Jakarta menuju puncak diberlakukan mulai pukul 7.30 WIB dan arah sebaliknya Puncak menuju Jakarta dibuka pukul 13.30 WIB.

Selain itu, dalam waktu dekat kata dia akan ada perlebaran jalan dari mulai Gadog hingga Rindu Alam. Mantan Kapolda Papua Barat ini mengimbau agar pengerjaan jalan itu jangan sampai mengganggu arus lalu lintas.

"Harus diatur agar pengguna jalan tidak terganggu. Karena hal itu akan fatal dan bisa menyebabkan kepadatan," kata dia kepada JawaPos.com, Kamis (31/8).

Pantauan arus lalulintas selanjutnya dilakukan di Cileunyi. Di sana kata dia tampak masih dalam keadan normal. Dari Cileunyi menuju Brebes Timur terlihat pantauan arus lalulintas terpantau normal. "Secara keseluruhan situasi lalulintas secara keseluruhan masih dalam keadaan normal," ucapnya.

Lulusan Akpol 1987 ini mengatakan bila dalam keadaan sangat sangat darurat di Brebes Timur maka Jalan darurat Kaligangsa menuju Gandulan Pemalang akan dibuka satu jalur. "Akan dibuka agar bisa mengurai meski kondisi jalan tanah dan berdebu," tukas dia.

(elf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up