JawaPos Radar

Joki SBM PTN Muncul di Unhas, Kunci Jawaban Dibanderol Rp 250 Juta

01/06/2016, 07:59 WIB | Editor: Imam Solehudin
Joki SBM PTN Muncul di Unhas, Kunci Jawaban Dibanderol Rp 250 Juta
Ilustrasi (dok.Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Praktik perjokian selalu mewarnai seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) setiap tahun. 

Yang terbaru, dua calon mahasiswa pengguna joki ditangkap saat mengikuti tes SBM PTN di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulsel, kemarin (31/5). 

Kini dua pengguna joki tersebut diamankan panitia SBM PTN setempat untuk selanjutnya diproses hukum.

Peserta pertama, perempuan berinisial UL, 18, ditangkap saat mengikuti ujian di gedung Laboratorium Kimia Dasar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unhas. 

Yang kedua, lelaki berinisial AI tertangkap saat menempuh ujian di SMAN 21, Kecamatan Tamalanrea.

Penangkapan di Unhas bermula dari kecurigaan pengawas ruangan. UL terlihat memiliki gerak tubuh yang berbeda dengan yang lain. Setelah dilakukan penyidikan, ternyata didapati sebuah ponsel. 

Penelitian lebih lanjut mendapatkan SMS yang dicurigai sebagai jawaban. Pengawas ruangan lalu membawa UL ke kantor rektorat. 

Kepala Humas Unhas Dahlan Abu Bakar mengatakan, UL telah diamankan di salah satu hotel dekat pantai di Makassar oleh panitia untuk kepentingan penyelidikan. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengungkap jaringan joki yang digunakannya. Adapun peserta ujian laki-laki berinisial AI saat ini ditangani Polrestabes Makassar.

Berdasar pernyataan UL, joki yang digunakan berjumlah delapan orang. Beberapa di antaranya berasal dari Sulsel dan dari luar. UL membayar uang muka Rp 50 juta dan akan diberi kunci jawaban melalui pesan SMS. 

"Jika nanti lulus, UL harus menambah Rp 200 juta," kata Dahlan saat ditemui di ruangannya.

Wakil Rektor III Unhas Abdul Rasyid Jalil enggan memberikan informasi yang lebih banyak dengan alasan masih dalam penyelidikan. "Kami ingin tahu siapa dalang di balik semua ini," ucapnya.(edo/zuk/wan/c9/agm)  

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up