Inilah Kuliner Indonesia untuk Santapan Raja Salman

01/03/2017, 17:03 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Presiden Joko Widodo saat menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3). (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Masakan Indonesia akan unjuk gigi di momentum hebat. Itu setelah Aerofood ACS dipercaya mendampingi para juru masak Kerajaan Arab Saudi dalam mempersiapkan makanan untuk rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud selama berada di Indonesia.

Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh mengatakan, makanan Indonesia memang tidak ada duanya di mulut dan lidah siapapun. Termasuk untuk Raja Salman yang datang ke tanah air.

"Ini karena makanan Arab karakternya sama dengan masakan Indonesia yang juga banyak menggunakan rempah-rempah nasional," ujar Vita dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (1/3).

Menurut Vita, berpromosi dengan mengedepankan masakan atau kuliner Indonesia adalah cara yang efektif untuk membangun pariwisata Indonesia kepada para calon investor. Kata Vita, kuliner itu adalah salah satu media diplomasi dalam menjalin hubungan ekonomi. "Dan Raja Salman mendapat pengalaman dalam merasakan nikmatnya masakan kita," katanya.

Menurut Vita, jika keluarga Raja Salman cocok dengan cita rasa masakan Indonesia, itu akan mempercepat popularitas kuliner nusantara. "Ada sate, soto, rendang, nasi goreng, yang pernah dikagumi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama," tuturnya.

Vita menambahkan, masakan Indonesia itu ada sejarahnya, ada nilai-nilai kearifan lokal ada filosofinya. Setiap negara mengedepankan kuliner sebagai pintu masuk untuk memperkenalkan negaranya, dan branding sebagai ciri khas setiap negara.

Karenanya, makanan khas seperti nasi goreng, rendang dan soto bisa diterima oleh Raja Salman. "Semoga nasi goreng menjadi unggulan makanan kita di depan para rombongan Raja, dan semakin banyak makanan yang dikenal oleh wisatawan," pungkasnya. (cr2/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi