alexametrics

Dugaan Suap Dana Hibah KONI, KPK Bakal Periksa Menpora Imam Nachrawi

31 Desember 2018, 10:55:12 WIB

JawaPos.com – Bukan hanya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang digoyang skandal suap. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun kini terus dipelototi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi itu harus bersiap menghadapi tahapan penting terkait pengusutan dugaan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

KPK telah menyusun agenda pemeriksaan untuk para pejabat Kemenpora sebagai saksi guna mendalami perkara tersebut.

Dugaan Suap Dana Hibah KONI, KPK Bakal Periksa Menpora Imam Nachrawi
Jubir KPK Febri Diansyah (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pemeriksaan saksi bakal dilakukan pada Januari 2019. Bukan hanya pejabat teknis, KPK juga berencana memeriksa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai saksi perkara suap Rp 17,9 miliar itu. “Pemeriksaan tersangka dan saksi dimulai Januari nanti,” ujarnya kemarin (30/12).

Namun, Febri belum menyebut tanggal pasti. Menurut dia, pemeriksaan saksi dan tersangka merupakan bagian penyidikan. Sejauh ini penyidik telah mengantongi sejumlah dokumen terkait dengan penggunaan dana hibah. Nah, ke depan penyidik mendalami seberapa jauh pengajuan dana hibah pemerintah untuk KONI melalui Kemenpora. “Informasi keuangan pasti menjadi salah satu yang kami dalami,” tegasnya.

KPK juga membuka peluang untuk mempelajari lebih jauh polemik lain di lingkungan Kemenpora. Antara lain soal indikasi pemotongan bonus atlet dan pelatih yang santer diperbincangkan. “Tentu saja hal itu dapat dipelajari lebih lanjut apakah masuk ke korupsi atau tidak,” ucap Febri.

Namun, KPK tidak mau gegabah soal isu lain. Sebab, isu-isu tersebut masih harus dikaji lebih dalam. KPK meminta masyarakat yang memiliki data dan informasi soal indikasi korupsi di lingkungan Kemenpora melaporkannya ke Direktorat Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK. “KPK sangat terbuka untuk laporan tindak pidana korupsi,” imbuh dia. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (tyo/c9/oni)



Close Ads
Dugaan Suap Dana Hibah KONI, KPK Bakal Periksa Menpora Imam Nachrawi