alexametrics

Peran Legislator NasDem dalam Jual Beli Jabatan Kades Probolinggo

31 Agustus 2021, 11:20:05 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan peran Anggota DPR Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Hasan Aminuddin (HA), dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan kepala desa (kades) di Probolinggo, Jawa Timur. Lembaga antirasuah menyebut, Hasan mempunyai peran penting dalam jual beli jabatan di Probolinggo.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menjelaskan, para calon kepala desa di Probolinggo wajib mengantongi paraf atau tanda tangan Hasan Aminuddin sebagai tiket untuk memuluskan jabatannya. Tanda tangan Hasan, sebagai representasi dari istrinya, Puput Tantriana Sari (PTS) yang menjabat sebagai Bupati Probolinggo

“Ada persyaratan khusus di mana usulan nama para pejabat kepala desa harus mendapatkan persetujuan Hasan Aminuddin dalam bentuk paraf pada nota dinas pengusulan nama, sebagai representasi dari Puput Tantriana Sari dan para calon pejabat kepala desa juga diwajibkan memberikan dan menyetorkan sejumlah uang,” kata Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (31/8).

Tarif untuk menjadi pejabat Kepala Desa di Probolinggo sebesar Rp 20 juta. Bahkan, para calon kepala desa juga diminta untuk memberikan upeti penyewaan tanah kas desa dengan tarif Rp 5 juta per hektar.

Harga yang dipatok untuk menjadi kades tersebut, diduga berasal dari Hasan Aminuddin melalui para camat. “Diduga ada perintah dari HA memanggil para camat untuk membawa para kepala desa terpilih dan kepala desa yang akan purnatugas,” ujar Alex.

Hasan yang juga merupakan mantan Bupati Probolinggo ini juga meminta para calon kepala desa tidak langsung datang menemuinya. Tetapi harus melalui koordinasi para camat di Probolinggo.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads