alexametrics

OTT Bupati Probolinggo dan Suami, 5 Camat dan 2 Ajudan Ikut Diamankan

Diduga Terkait Jual Beli Jabatan Kepala Desa
31 Agustus 2021, 14:00:30 WIB

JawaPos.com – Tim operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali beraksi di Jawa Timur. Mereka menangkap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya yang menjabat anggota DPR dari Partai Nasdem, Hasan Aminuddin.

Bupati Tantri dan Hasan diduga terlibat dalam jual beli jabatan kepala desa. Di Kabupaten Probolinggo ada 252 jabatan Kades yang bakal berakhir pada 9 September 2021. Diperkirakan ada 240 Kades yang bakal mencalonkan kembali dalam pilkades serentak tahun 2022.

Dini hari kemarin (30/8), pasangan suami istri (pasutri) itu dicokok KPK bersama delapan orang lain. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, delapan orang lain itu adalah lima orang camat, seorang Pj Kades, dan dua ajudan. Lima camat yang diamankan adalah Camat Kraksaan Ponirin, Camat Paiton Muhammad Ridwan, Camat Gading Hari Cahyono, Camat Krejengan Doddy Kurniawan, dan Camat Banyuanyar Imam Syafi’i. Lalu, staf kecamatan yang juga sopir Camat Krejengan, Sumarto. Dia belum sepekan dilantik sebagai Pj Kades Karangren. Sedangkan dua ajudan yang diamankan adalah Pitra Jaya Kusuma (PJK) dan Faisal Rahman (FR).

Tim KPK mendatangi rumah pribadi Bupati Tantri di Kota Probolinggo, Jalan A. Yani, Senin (30/8) pukul 02.00. Selanjutnya, sekitar pukul 05.15, tim KPK membawa Bupati Tantri dan suaminya, Hasan Aminuddin, ke Polda Jatim. Delapan orang lain juga diamankan dari rumah pribadi bupati. Sebelum diterbangkan ke gedung KPK di Jakarta, mereka diperiksa penyidik di Polda Jatim di ruang Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim. Mereka diperiksa selama sekitar lima jam.

Sekitar pukul 11.15, Tantri dan Hasan keluar dari gedung Ditreskrimsus Polda Jatim bersama delapan orang lain. Semuanya lantas naik bus menuju Bandara Juanda Surabaya dengan dikawal anggota Brimob Polda Jatim. Selanjutnya terbang ke Jakarta menuju kantor KPK.

Hasan, Tantri dan 8 orang lain tiba di gedung KPK sekitar pukul 17.00. Mereka langsung digiring ke ruang pemeriksaan. Saat melewati kerumunan awak media, Hasan-Tantri yang berjalan bersamaan masuk ke gedung KPK enggan berkomentar. Begitu pula pihak-pihak lain yang dibawa tim KPK.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/mas/rd/mie/hn/oni

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads