alexametrics

Irwandi Yusuf Akui Rp 39 Juta dari Saiful Bahri untuk ‘Uang Jajan’

31 Agustus 2018, 17:06:54 WIB

JawaPos.com – Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf mengatakan, uang sebesar Rp 39 juta yang telah dikembalikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu dari mantan Direktur Utama PT Tamitana, Teuku Saiful Bahri.

“Itu dari Teuku Saiful Bahri pada 9 Juni,” kata Irwandi usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (31/8).

Irwandi menyebut, uang yang diberikan Saiful ke rekeningnya sebagai bantuan untuk kebutuhannya sehari-hari. “Itu bantuan seorang teman, ‘uang jajan’ dia kirim ke rekening saya. Saya tahu saat ketemu dengan Saiful,” ungkapnya.

Mulanya Irwandi tidak menyerahkan uang tersebut ke lembaga antirasuah. Namun setelah penyidik mengkonfirmasi, uang sebesar Rp 39 juta yang diberikan dalam dua tahap itu diserahkan ke KPK.

“Penyidik melihatkan bukti ada pengiriman Rp 15 juta dan Rp 24 juta, kemudian saya serahkan ke KPK,” jelas Irwandi.

Diketahui Irwandi bersama dengan Bupati Bener Meriah Ahmadi terjerat kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji yang bertentangan dengan kewajibannya terkait dengan pengalokasian dan penyaluran Dana Otsus Aceh Tahun Anggaran 2018 pada Pemerintah Provinsi Aceh sebesar Rp 8 triliun.

Selain itu, KPK juga menetapkan dua pihak swasta yakni Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri. Keduanya bersama dengan Irwandi disebut sebagai penerima. Sementara Ahmadi disebut sebagai pemberi.

KPK menduga upaya pemberian uang Rp 500 juta dari Ahmadi kepada Irwandi terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh 2018.

 

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)

Irwandi Yusuf Akui Rp 39 Juta dari Saiful Bahri untuk 'Uang Jajan'